Indonesia kembali mengirimkan perwakilannya untuk berkompetisi di ajang kecantikan Miss Universe 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 28 November 2019 sampai pada malam puncak Grand Final ayang akan digelar pada tanggal 8 Desember 2019 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull yang merupakan mahasiswi Bisnis Internasional ini akan bersaing dengan 85 finalis dari negara lainnya. Semua persiapan yang dilakukan Frederika tak lepas dari dukungan penuh Yayasan Puteri Indonesia dan PT. Mustika Ratu Tbk, yang sangat peduli terhadap prestasi perempuan Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di kontes kecantikan internasional.

Ketua Dewan Pembina Yayaysan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani menyampaikan harapannya akan hasil terbaik yang dapat dicapai oleh Puteri Indonesia 2019 di ajang Miss Universe 2019 mendatang. “Saya berharap Frderika bisa meraih hasil terbaik di ajang Miss Universe 2019, tahun ini target kita adalah Crown Miss Universe for Indonesia. tentu hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi Frederika dan Indonesia dalam berkompetisi, “ ujar Putri dalam acara konferensi pers keberangkatan Frederika Alexis Cull ke Ajang Miss Universe 2019 di Aula Sasono Wiwoho Mangunsaskoro, Menteng, Jakarta Pusat, (19/11).

Selain itu, lebih lanjut Putri menambahkan, “Namun terlepas dari hal itu, Frederika juga mempunyai misi untuk mempromosikan produk-produk Industri Tradisional berbasis budaya karya anak bbangsa ke kancah internasional dan memperkenalkan pariwisata dan budaya yang dimiliki Indonesia. salah satu cara yang dilakukan untuk menunjukkan hal tersebut adalah melalui busana yang ditampilkan Frederika pada saat karanrtina maupun saat kontes berlangsung, “imbuhnya.

Sebagai wakil Indonesia, perempuan kelahiran 5 Oktober 1999 ini telah banyak melakukan persiapan, tidak ingin kalah dari senior-seniornya yang meraih prestasi di Miss Universe, Frederika pun bertekad untuk membawa pulang gelar Miss Universe 2019 ke Indonesia. Berbagai perseiapan selama 7 bulan telah dijalani, salah satunya adalah belajar merias wajah dan tata rambut sendiri.

“Sejak awal terpilih menjadi Puteri Indonesia 2019, saya sudah melatih untuk melakukan persiapan yaitu dengan melakukan persiapan yaitu dengan melakukan perawatan kecantikan luar dan dalam di Taman Sari Royal Heritage spa, mempelajari teknik merias wajah dan rambut sendiri yang langsung diajarkan oleh tim profesional Make Up Artis Mustika Ratu dengan menggunakan pula produk-produk unggulan dari Mustika Ratu Beauty Queen Series, “ ungkap Frederika.

Sebagai duta bangsa pada ajang Miss Universe 2019, Frederika juga akan membawakan oleh-oleh untuk seluruh peserta berupa produk kecantikan dari Beauty Queen Series Mustika Ratu yaitu palet makeup miliknya, The Queen In Me Frederika Limited Edition Palette. Terinspirasi dari indahnya warna-warni alam Indonesia terlihat dari mata Frederika Axis Cull, Puteri Indonesia 2019, terciptalah eyeshadow palette through my eyes yang terdiri dari 9 warna eyeshadow yang glamour dan elegant. Bisa diapkai untuk segala suasana, di pagi hari dan malam hari. Through my eyes exclusive eyeshadow palette dari mustika ratu Beauty Queen dipersemabhkan untuk seluruh bangsa di dunia.

Yayasan Puteri Indonesia kembali mempercayakan kepada Morphacio Body Art dan Mayaratih Couture untuk menciptakan kostum nasional yang bertajuk “Sang Wanita” yang terinspirasi dari warisan Srikandi. Warisan nilai-nilai luhur seorang wanita, tentang pejuangan, cinta dan harapan.

Busur dalam kostum nasional ini melambangkan tentang kemuliaan bangsa ini, kemuliaan wanita nusantara dan dengan segenap jiwa dan raga akan ditarik anak panah harapan yaitu “Generasi Baru Wanita Sejati Nusantara”. Pesan yang ingin disampaikan melalui kostum nasional ini yaitu harapan itu ada dan masa depan indah bagi yang memperjuangkannya.

Selain itu, Frederika juga akan membawa evening gown karya desainer lokal berbakat, yakni Tex Saverio. Konsep utama dari gaun ini adalah representasi kepribadian Frederika Alexis Cull. Gaun ini terinspirasi oleh keunikan kerakternya, dia adalah wanita yang sangat kuat, tahu apa yang dia inginkan dan bekerja keras untuk itu, namun dia adalah orang yang penuh kasih dan perhatian, dia mengutarakan pikirannya dan dia juga mendengarkan orang lain, dia mewakili wanita muda dan modern saat ini tetapi dia juga menghargai keindahan nilai-nilai tradisional Indonesia.

Dia kuat dan lembut, dia memiliki perpaduan unik dari maskulintas dan femininitas yang membuatnya menonjol dari orang lain. Oleh karena itu gaun tersebut memiliki konsep dualism yang mewakili karakter unik dari Frederika Alexis Cull, Puteri Indoneisa 2019.

Adapun selama karantina berlansgung, Frederika akan membawa busana dari desainer lainnya seperti Priyo Oktaviano, Hian Tjen, Kebaya Anne Avantie dan kostum nasional dari Morphacio x Mayaratih Couture. Sedangkan untuk aksesories akan mengenakan dari Hartono Wira Tanik (HWT) dan Le Ciel Design.

Keikutsertaan Frederika di ajang Miss Universe 2019 diharapakan dapat meraih kembali prestasi Miss Universe 2019 dan juga dapat mempromosikan pariwisata dan budaya bangsa serta produk-produk asli Indonesia di kancah International.