olimpiade sains-ilustrasi-Vic Axel Daniel Mantiri, siswa kelas VI SD Kristen Ebenhaezer I Manado, menjadi utusan Indonesia untuk mengikuti lomba Olimpiade Sains Internasional Tahun 2014 di Iowa Amerika Serikat. Seperti yang dikutip tribunnews.com (4/5), sebelum bertolak mewakili Indonesia, Axel didampingi orangtuanya bertemu dengan Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang tepat di momen Hari Pendidikan Nasional.

Sarundajang menilai Alex adalah siswa berprestasi yang mengharumkan nama Sulut. Apalagi siswa SD Eben Heazar Manado ini merupakan satu-satunya wakil dari Indonesia Timur dari 14 peserta yang akan ikut olimpiade.”Jadi bapak Gubernur bangga, karena ada seorang anak yang istimewa dari Sulut yang akan ikut olimpiade sains ke Amerika, luar biasa prestasi dicapai sekarang,” ungkap Gubernur.

Sarundajang menasehati agar Axel belajar keras, tapi juga harus jaga kesehatan. “Jangan sudah belajar lupa makan dan lupa tidur. Ini berkat Tuhan, Tuhan beri talenta luar biasa, Jadi manusia unggul di masa akan datang,” ungkapnya. Namun Gubernur mengungkapkan, harus ditanamkan di benak, bahwa pendidikan hakekatnya untuk menciptakan manusia yang punya moral dan berkarakter, dan berakhlak mulia, sekaligus mempunyai daya saing.”Pintar tak ada karakter itu berbahaya. Hafal baik-baik ya, bermoral, berahklak mulia, berkarakter, dan punya daya saing ilmu,” katanya. Olimpiade Sains juga kata Sarundajang merupakan tempat untuk mengukur daya saing

Axel mengungkapkan, sudah mempersiapkan diri dan punya keyakinan akan berprestasi nanti mengharumkan nama indonesia “Saya siap, nanti akan diperlombakan sains kreatif,” sebutnya. Alex sebelumnya berhasil memperoleh medali perak Olimpiade Sains Nasional dan Medali Perak Olimpiade Sains di Korea, Di Korea, Alex dan temannya Daffa A Wibowo dari Yogyakarta berhasil meyakinkan para dewan juri melalui presentasi science project mereka berupa rancangan alat yang bisa melatih anak-anak agar lebih sering tersenyum. Alat itu mereka namakan KeeSmi (Keepsmiling) yang dibuat mereka berdua dibantu pembantu sains Taman Mini Indonesia. (1009)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?65953

Untuk melihat artikel Pendidikan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :