Festival Kampoeng Toegoe kembali digelar mulai Minggu (12/6). Festival yang digelar di halaman Gereja Protestan Toegoe, Koja, Jakarta Utara ini dimeriahkan berbagai pagelaran budaya berlatar Portugis yang dikolaborasikan dengan budaya lokal.

Kegiatan ibadah minggu hingga pentas kesenian keroncong dan tanjidor turut memeriahkan acara tersebut. Festival ini juga dihadiri Duta Besar Portugal untuk Indonesia Carlos Forta dan menggelar pameran foto bernuansa Indonesia dan Portugis, kios kuliner khas Toegoe, Sepeda Ontel, mata uang mancanegara, serta barang- barang antik.

Tarian tradisional Portugis, Romeros De Toegoe, mengawali Festival Kampoeng Toegoe. Acara secara resmi dibuka Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dengan memukul alat musik jimbe, yang dilanjutkan dengan pemberian cenderamata berupa alat musik macina kepada Carlos Forta. Fauzi Bowo mengatakan, Festival Kampoeng Toegoe bisa digelar kembali merupakan sebuah kehormatan besar.

Menurut dia, setiap tahun festival ini mengalami peningkatan kualitas. Kampoeng Toegoe merupakan suatu bagian dari kekayaan Jakarta dengan nuansa Portugis yang masih kental. Pihaknya berharap festival ini tetap dapat menjaga kelestarian budaya Jakarta yang bernuansa Portugis sehingga akan tercipta sebuah kerja sama yang lebih erat di antara dua bangsa.

“Saya berharap festival ini tetap dapat melestarikan bagian dari budaya Jakarta yang bernuansa Portugis,” kata Fauzi Bowo kemarin. Secara khusus pihaknya mengapresiasi komunitas Portugis yang masih bertahan di kampung ini. Terlebih, mereka menjadi bagian bangsa Indonesia dan tetap menjaga budaya para pendahulunya.

Dia mengungkapkan, banyak pelajaran yang bisa digali dari warisan Komunitas Kampung Tugu ini. Mulai dari musik keroncong, hingga tutur bahasa yang kini sudah diadopsi menjadi bahasa Indonesia.

“Pembenahan infrastruktur sangat penting untuk menunjang Festival Kampoeng Toegoe,”ujar Bambang. Ketua Ikatan Keluarga Besar Tugu (IKBT) Andre Michiels mengatakan, pergelaran Festival Kampoeng Toegoe sekaligus memperingati 500 tahun kedatangan Portugis ke Indonesia. Kampung Tugu merupakan salah satu dari 12 destinasi andalan Jakarta Utara.

Untuk share artikel ini klik
www.KabariNews.com/?36884

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :