Kapal Rainbow Warrior milik Greenpeace generasi ketiga, Jumat (7/6) bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kehadiran kapal Greenpeace ini mengakhiri jelajah nusantara selama satu bulan di Indonesia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, juga Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tampak hadir untuk menyaksikan kapal milik Greenpeace, beberapa pejabat, seperti Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, dan Menteri Perhubungan EE Mangindaan turut hadir.

Kapal tersebut menjelajahi Indonesia dengan membawa misi utama yaitu mengkampanyekan pelestarian hayati di laut dan daratan Indonesia. Selain Jakarta dan Bali, Rainbow Warrior juga mampir ke sejumlah kota di Papua, yaitu Jayapura, Manokwari dan Raja Ampat.

Kapal ramah lingkungan ini akan dibuka untuk umum pada tanggal 8-9 Juni 2013. Masyarakat umum berkesempatan untuk melihat-lihat kapal, termasuk diberi pemahaman dan diperkenalkan tentang kapal tersebut.

Rainbow Warrior sudah ada sejak tahun 1989, dimana kapal ini merupakan satu dari tiga kapal yang digunakan Greenpeace untuk menjalankan aksi menentang perusakan lingkungan. Dua kapal lainnnya yaitu Arctic Sunrice dan Esperanza yang saat ini beraksi di bumi utara hingga kutub utara. Kapal yang telah menjelajahi Indonesia sejak 9 Mei ini merupakan kapal generasi ketiga setelah keduanya dipensiunkan pada 2011 lalu. Rainbow Warrior ini merupakan kapal yang paling ramah lingkungan akrena hanya 10 persen menggunakan tenaga mesin, sementara sisanya digerakan oleh layar yang menggendalikan pergerakan angin.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56198

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :