Menikmati senja dengan segelas kopi atau teh hangat rasanya belum lengkap tanpa cemilan. Untuk melengkapinya, tidak perlu beli di toko roti atau supermarket, Anda pun bisa mengolahnya sendiri di dapur. Lebih murah, praktis dan tentunya sehat. Manjakan keluarga Anda dengan cemilan buatan sendiri. Mari intip resepnya.

Bola-bola Ubi

Membuat bola-bola ubi sangat mudah. Dengan bahan sederhana, cemilan nikmat bisa jadi teman santai saat menikmati sore yang indah. Bahan yang dibutuhkan ½ kg ubim ½ butir kelapa muda (diparut), ½ sendok teh garam, ¼ gula jawa (iris halus), tepung kanji secukupnya, dan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng. Cara membuatnya, pertama rebus ubi sampai matang. Dalam keadaan panas kupas dan lumat sampai halus. Tambahkan kelapa parut, garam dan irisan gula jawa, aduk sampai rata. Kemudian tambahkan tepung kanji sampai adonan cukup lemas untuk dipulung. Pulung bulat-bulat sebesar buah duku, gulingkan kembali ke tepung kanji. Goreng sambil dibolak-balik hingga matang. Sajikan hangat sebagai teman minum kopi atau teh.

Onde-onde Tertawa

Berbeda dengan onde-onde isi kacang hijau, cemilan ini lebih renyah dan manis. Bahan yang dibutuhkan 100 ml air, 175 gram gula pasir, 1 butir telur, 2 sendok makan minyak goreng, 300 gram tepung terigu, ½ sendok teh baking powder, ¼ sendok teh soda kue, 100 gram wijen, minyak goreng secukupnya. Cara membuatnya, langkah pertama didihkan air dan gula sampai larut, dinginkan. Kocok telur dan minya sampai rata. Masukan air gula sedikit demi sedikit dan aduk sampai rata. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan soda kue sambil diayak dan aduk rata. Timbang masing-masing 10 gram, bentuk bulat (seukuran bola pingpong), lalu celupkan ke dalam air. Gulingkan pada wijen. Panaskan minyak goreng lalu goreng onde hingga merekah dan matang.

Kue Cubit

Kue mini ini enak dan manis, pas untuk suguhan sore hari. Bahannya 150 gram gula pasir, 150 gram terigu, 2 butir telur, 100 ml susu cair, 1 sendok teh baking powder, vanili secukupnya, meises secukupnya untuk taburan. Siapkan juga cetakan khusus kue bolu. Cara membuatnya, campurkan gula terigu, vanilla, baking powder dan telur, aduk rata. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata dan halus. Diamkan selama 15 menit sampai adonan siap dipanggang. Panaskan cetakan, olesi dengan mentega agar tidak lengket. Ingat gunakan api kecil agar kue tidak gosong dan setengah matang. Tuang adonan pada cetakan. Jika terlihat sudah setengah matang, taburi dengan meises dan biarkan agak meleleh. Angkat dan sajikan.

Dadar Gulung

Satu lagi cemilan khas Tanah Air yang rasanya luar biasa enak. Bahan yang dibutuhkan, pertama bahan untuk kulit, yaitu 150 gram tepung terigu, 1 butir telur, kocok, ¼ sendok teh garam, 25 cc air daun suji, 200 cc santan. Untuk bahan isi diperlukan, 150 gram kelapa parut, 150 gram gula merah, 100 cc air, 1 lembar daun pandan, ¼ sendok teh garam. Cara membuatnya, langkah pertama membuat kulit dadar, yaitu campur tepung terigu, telur, garam, dan air daun suji, aduk rata. Masukan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan halus. Buat adonan menjadi 15 lembar dadar tipis dengan menggunakan wajan anti lengket (teflon) yang berbentuk bulat, sisihkan. Untuk isi dadar, campur semua bahan, aduk rata, lalu masak hingga matang dan air terserap habis. Angkat dan bagi menjadi 15 bagian. Sisihkan. Penyajiannya, ambil 1 lembar kulit, isi dengan 1 bagian adonan isi, lipat seperti membuat risoles. Sajikan

Catatan : Bila sulit mendapatkan daun suji, bisa diganti dengan pewarna makanan rasa daun suji. Bahan tersebut tersedia di supermarket.