Dangdut adalah genre musik populer di Indonesia, musik dangdut semakin fenomenal dan universal. Dangdut makin dikenal di kancah internasional. Bukan hanya di Asia, musik ini bahkan populer di Amerika Serikat (AS).

Rissa Asnan adalah masyarakat Indonesia di Amerika yang mempromosikan Dangdut di Amerika Serikat dibawah rumah produksi NSR Entertainment.

Rissa Asnan

Sebagai penggagas program Dangdut in Amerika, Rissa berkisah, “Awal saya menggagas Dangdut di Amerika dimulai dari sebagai seorang promotor di Amerika, mengundang penyanyi dangdut untuk menyanyikan lagu-lagu dangdut di Amerika,” kenang Rissa saat wawancara bersama Kabari di Jakarta.

“Tapi, saya melihat musik dangdut hanya dikenal oleh komunitas orang Indonesia yang tinggal di Amerika, saya tidak melihat bagaimana sinerginya dengan orang-orang Amerika mengenai dangdut, saya jadi terbesit membuat jalinan hubungan antara orang-orang Amerika dengan komunitas Indonesia di sana, saya mulai audisi karena musik dangdutlah yang sangat cocok untuk diperkenalkan,” imbuhnya

Joelina Bee & Desiree pedangdut Amerika

Menurut Rissa, musik dangdut sangat cocok untuk diperkenalkan di Amerika, dari sisi hiburannya musik dangdut bisa diterima oleh masyarakat Amerika bahkan mampu menghipnotis masyarakat Amerika untuk bergoyang meski secara kebudayaan dangdut adalah milik Indonesia.

Seperti kutipan kata populer dari grup Project Pop “Dangdut is the music of my country” ini merupakan realita bahwa popularitas musik dangdut di Indonesia saat ini tidak tersaingi oleh genre musik lain.
Didirikan pada 2004 oleh Rissa Asnan, rumah produksi ini berhasil memperkenalkan musik dangdut di Amerika Serikat, lewat lomba menyanyi dangdut yang diikuti sejumlah penyanyi asli Amerika.

“Banyak penyanyi dangdut yang sudah masuk di label NSR, seperti Daniele Desiree,vokalis R&B Amerika, dia sudah cukup lama bekerja sama dengan kita bahkan sudah menguasai lagu kurang lebih 20 lagu,” kata Rissa.

Diakui Rissa, mengenalkan musik dangdut di negeri Paman Sam ini tidaklah mudah, perbedaan Budaya merupakan tantangan dalam mempromosikan musik dangdut ini, meski demikian Rissa tak kenal kata menyerah dan terus berjuang untuk memajukan serta mempromosikan musik dangdut di Amerika.

“Tantangannya banyak sekali, tapi tidak menghentikan kemauan kami untuk terus memajukan dan mempromosikan musik dangdut,” ungkap Rissa semangat.

Dengan demikian, Rissa berharap bisa terus berjuang dan berkarya untuk memajukan musik dangdut di pasar dunia.