Rumah Gadang

Satu lagi kekayaan budaya Indonesia yang diusulkan menjadi salah satu warisan budaya dunia.  Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengusulkan kawasan Seribu Rumah Gadang yang berada di Negeri Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kebupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menjadi warisan budaya dunia ke Organisasi Pendidikan, Ilmu pengetahuan dan Budaya PBB (Unesco).

Kawasan Seribu Rumah Gadang  yang tersebar di tujuh kecamatan memiliki 600 unit rumah gadang dengan berbagai bentuk dan model. Bahkan beberapa rumah gadang yang berada di kawasan Solok, sudah dijadikan sebagai rumah penginapan bagi wisatawan, sehingga para wisatawan yang berkunjung  dapat menikmati nyamannya beristirahat di dalam rumah gadang.

Seribu Rumah Gadang merupakan kebanggan warga Sumatera Barat. Tujuan dijadikannya Rumah Gadang sebagai warisan dunia, salah satunya untuk meningkatkan jumlah wisatawan dan mengenalkan kebudayaan Sumatera Barat “Kita berharap kawasan Seribu Rumah Gadang menjadi warisan dunia sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan sekaligus menjadi salah satu kebanggan Sumbar” ungkap Kepala Bidang Budaya Dinas Budaya Pariwisata dan Olahraga Solok Selatan, Desrial.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60409

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Hosana