Salesforce berencana membagikan 500 dana hibah pemulihan dari COVID-19 kepada usaha-usaha kecil di seluruh Amerika dengan nilai nominal masing-masing sebesar $10.000 untuk menutup biaya-biaya seperti upah dan penggantian bahan-bahan baku.

Pendaftaran untuk Salesforce Care Small Business Grants akan dibuka minggu depan atau dua minggu depan dan komitmen dari Salesforce ini akan bernilai total $5 juta.

Usaha kecil adalah yang membuat lingkungan kita nyaman sebagai tempat tinggal dan tempat bekerja, dan kami ingin turut membantu mereka melalui krisis ini. Kami harap hibah ini akan menjadi aliran dana tunai yang bisa dipakai untuk sewa, upah, bahan atau langkah-langkah strategis lain untuk memastikan bahwa usaha kecil masih tetap dapat melayani masyarakat dan melalui badai ini. Kami akan segera mengumumkan kriteria-kriteria spesifik untuk mendapatkan hibah ini, demikian Meredith Schmidt, Executive Vice President and General Manager dari Salesforce Essentials & SMB, berkata kepada saya.

Saat ini, sekitar 1.600 dari lebih dari 3.500 usaha yang menerapkan Salesforce Care solutions for COVID-19 response adalah usaha-usaha kecil.

Selain Salesforce, raksasa-raksasa industri lain juga membagi-bagikan jutaan dolar hibah langsung kepada usaha-usaha kecil dan menengan untuk membantu usaha mereka selama krisis COVID-19.

Di antaranya, Facebook meluncurkan program hibah $100 juta untuk membantu usaha-usaha kecil menengah di seluruh dunia dalam bentuk hibah tunai dan kredit iklan Facebook. Program ini, yang akan membantu sampai dengan 30.000 usaha kecil-menengah, dirancang untuk membantu menutup berbagai biaya dari biaya sewa sampai biaya operasi.

Kriteria untuk ikut program hibah usaha kecil menengah Facebook ini adalah, usaha musti memiliki antara dua sampai 50 pekerja, telah beroperasi selama lebih dari satu tahun, mengalami kesulitan oleh karena COVID-19, dan berlokasi di dekat Facebook beroperasi, demikian menurut postingan blog Facebook. Pendaftaran diperkirakan akan dibuka beberapa minggu ke depan.

Visa telah menjanjikan $200 juta dana bantuan untuk membantu usaha kecil dan mikro di seluruh dunia selama lima tahun ke depan dengan fokus menumbuhkan kemajuan ekonomi wanita.

Saat ini, program hibah Salesforce memang hanya menargetkan usaha kecil menengah di Amerika saja, tetapi berencana untuk memberi informasi lanjutan mengenai bantuan yang akan diberikan untuk usaha kecil menengah di negara-negara lain juga.

“Kami secara aktif berdiskusi dengan para pelanggan kami yang dari usaha kecil untuk mengetahui bagaimana mereka menghadapi situasi ini,” demikian kata Schmidt.