Letak salon ini bisa dibilang tidak terlalu mencolok dilihat dari jalan raya alias menyempil di salah satu sudut tempat di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Namun siapa sangka, di tempat ini banyak selebritis tanah air memanjakan diri melakukan perawatan wajah sampai rambut. Sebut saja dari Fifi Buntaran, Barbie Kumalasari, Lucinta Luna, Aveline Nada Anjani, Anggia Chan, Ricky Cuaca sampai Galih Ginanjar.

Nah, nama artis yang terakhir ini seperti yang KABARI lihat beberapa waktu lalu sedang melakukan perawatan rambut bersama pasangannya. Berjam-jam di salon, Galih pun merasa puas dengan treatment yang dilakukannya oleh Rukia Wael, yang tak lain adalah pemilik KIA Salon.

“Selain perawatan rambut, saya juga memberikan tips-tips bagaimana cara merawat rambut dengan benar ke Galih,” kata Kia sapaan akrab Rukia.

Ya, Kia merupakan hairdresser kawakan. Berpengalaman di bidang hairdressing selama lebih 30 tahun. Tak heran, berbagai kalangan masyarakat termasuk para selebritas pernah mampir ke salonnya.

“Kia Salon ini sudah pindah lokasi beberapa kali. Sejak tahun 2018 saya menempati tempat baru, di kawasan Kemang, Jakarta. Dengan kepindahan ini, kami ingin memperkuat image Kia Salon sebagai salon yang mampu membuat pelanggan lebih cantik. Ini sesuai dengan tagline Kia Salon, yakni Make You More Beautiful,” ucap Kia.

Sebelum pindah ke Kemang, salonnya memang sering didatangi artis. Namun semakin sering saat pindah lokasi ke Kemang. Sebelum pandemi Corona melanda, banyak selebritis yang melakukan perawatan. Pas pandemi ada sedikit penurunan, namun Kia tetap bersyukur sampai saat ini Salonnya tetap buka dan masih dikunjungi artis karena dirinya terus berkomitmen memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

Kia mengatakan salon kecantikan di Jakarta tak terbilang banyak. Tapi kalau dibandingkan dengan produk yang dia miliki, misal soal pewarnaan rambut harus selalu komitmen dan sejalan dengan pengetahuan kita. Komitmen itu salah satu yang terpenting adalah jangan pernah merusak rambut pelanggan, karena pengerjaan pewarnaan rambut itu erat kaitannya dengan penggunaan bahan kimia.

Kia dalam melakukan pewarnaan rambut tidak pernah menggunakan oksidan besar dan jarang menyentuh oksidan itu lebih dari 6. Oksidan di angka 3 rata-ratanya bahkan zero dan sulit untuk menemukan hairdresser seperti ini, katanya.

Sebagai seorang hairdresser, pengetahuan tentang pewarnaan adalah hal yang paling utama. Kita harus tahu cara membuka warna dalam kutikula rambut dan menutupnya dan bagaimana melakukan perawatannya yang baik untuk rambut yang tidak bisa didapatkan di salon manapun.

Selain itu, Kia juga menyukai tantangan. Jadi sesulit apapun rambut artis yang ditanganinya, dia selalu mengerjakannya. “Kesulitan itu justru saya suka karena itu merupakan tantangan,” katanya.

Nah, belum lama ini Kia meng-handle rambut penyanyi Indah sari yang akan melakukan syuting pembuatan video klipnya di Amerika Serikat. Sebelum berangkat Indah Sari bilang ke Kia ingin warna rambutnya seperti orang Amerika.

Kia pun bilang OK, alhasil dia mengerjakan rambut Indah Sari dengan warna rose gold dan warna itu trend sampai sekarang. “Thanks buat Kia yang sudah sabar banget tunggu aku dan treatment sampai 6 jam lamanya tetapi hasilnya memuaskan,” kata Indah.