Salsabila Atmaja, gadis berusia 20 tahun asal Kabupaten Cilacap berhasil menjuarai ajang Mister Miss Grand Tourism Indonesia 2024 (MMGTI 2024) dan akan maju ke Tingkat internasional.

Menyambut kepulangan Salsabila Atmaja, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cilacap, Paiman mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Cilacap mengapresiasi pencapaian Salsabila dalam ajang Mister Miss Grand Tourism Indonesia 2024 dan dimahkotai menjadi Miss Grand Tourism Indonesia 2024.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Salsabila atas pencapaian yang diraihnya. Wanita muda, cantik dan berkarisma. Menjadi bukti bahwa wanita Kabupaten Cilacap memiliki karakter yang kuat,” ujar Paiman dalam acara Homecoming Salsabila Atmaja MGTI 2024 di Hotel @Hom Cilacap, Minggu (28/1/2024).

Paiman berharap Salsabila bisa menjadi penggerak dan inspirator bagi anak muda Cilacap untuk terus berkarya serta mempromosikan pariwisata dan budaya Cilacap hingga kancah Internasional.

“Nama Cilacap berhasil terangkat berkat andil Salsabila dalam ajang MMGTI 2024. Berkat promosi yang dilakukan Salsabila akan keunikan pariwisata dan produk kreatif di Cilacap, kini pariwisata Cilacap lebih dikenal dan dilirik oleh masyarakat secara luas lagi,” tuturnya.

Mewakili Penjabat Bupati Cilacap, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Cilacap, Jarot Prasojo juga berharap kemenangan Salsabila bisa mendorong generasi muda di Cilacap untuk ikut serta melestarikan budaya Cilacap.

“Salsabila berhasil mengalahkan 47 lawannya dari seluruh Indonesia, kami sangat bangga atas pencapaian Salsabila yang luar biasa ini. Semoga kemenangan yang diraih Salsabilla dalam ajang MMGTI 2024 dapat memberikan pengaruh positif bagi generasi muda dan melestarikan budaya daerah. Saya juga mengajak generasi muda sebagai penerus pembangunan untuk berperan aktif dalam meningkatkan branding pariwisata bahagia,” ucapnya.

Sementara Salsabila Atmaja menyampaikan motivasinya mengikuti MMGTI 2024 karena ingin berkontribusi positif bagi kota kelahirannya, Cilacap, Jawa Tengah dan Indonesia secara umum.

“Alhamdulillah saya terpilih dan akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional. Kemudian saya juga ingin berprestasi selagi saya masih muda, menjadi inspirasi bagi generasi muda yang lain untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia,” terang Salsabila kepada media.

Dalam ajang MMGTI 2024 yang digelar pada 19 Januari 2024 lalu, Salsabila mengangkat potensi wisata alam di Cilacap serta kerajinan di wilayah pesisir.

“Saya mengangkan dari wisata alamnya dan juga kerajinannya karena di Cilacap ini banyak kerajinan di wilayah pesisir seperti seni kriya, jadi hasil-hasil laut diolah menjadi seni kriya,” ucap mahasiswi jurusan Manajemen Bisnis di London School and Public Relation (LSPR).

Terkait dengan program ke depan, Salsabila akan menyosialisasikan sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan dan desa wisata.

“Programnya itu terfokus ke desa wisata. Saya akan menyosialisasikan program sustainable tourism, yaitu wisata yang berdampak dalam jangka panjang, jadi tidak hanya keuntungan sesaat tapi berdampak jangka panjang untuk ekonomi, sosial, dan juga masyarakat,” pungkasnya.

Salsabila Atmaja sebelumnya pernah menjadi pembawa baki Paskibraka di Kabupaten Cilacap tahun 2018, menjadi Mbak Duta Wisata Kabupaten Cilacap tahun 2020, dan Miss Grand Tourism Jawa Tengah tahun 2023.

Selain Salsabila Atmaja, Mbak Duta Cilacap tahun 2022, Shinta Indah juga berhasil menjadi Miss Mega Bintang Jawa Timur tahun 2024 dan akan maju ke ajang Miss Mega Bintang Indonesia 2024.

Sumber foto: cilacapkab.go.id

Baca Juga: