Pemilu presiden Amerika Serikat tinggal beberapa hari lagi digelar, untuk menyambut momen besar itu, Kedutaan Besar Amerika untuk Indonesia dan lembaga kebudayaan Amerika @america akan menggelar loka karya dan kompetisi film pendek. Pendaftaran  gratis dan kompetisi ini terbuka untuk umum.

Melalui siaran persnya, Senin (29/10), Asisten Bidang Kebudayaan @america Prima Wati menjelaskan, dalam kompetisi film berdurasi tiga menit ini peserta bisa berbagi pikiran dan perasaan tentang demokrasi. Semua film yang didaftarkan akan diseleksi, dan pada kesempatan ini pula turut dihadirkan sutradara Adhyatmika, pemenang kompetisi Democracy Video Challenge (DVC) 2010.

Persyaratan untuk ikut  kompetisi video, peserta diharuskan membuat film pendek berdurasi maksimal tiga menit, tidak boleh lebih. Jenis film yang dibuat bisa fiksi atau nonfiksi, wawancara maupun narasi pribadi. Film bisa dibuat dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Namun film yang berbahasa Indonesia disyaratkan menggunakan terjemahan bahasa Inggris atau English subtitles. Untuk tema setiap film harus membubuhkan judul “peran dalam demokrasi” atau “the role of in a democracy“.

Selain pemilihan tema, ada yang perlu diperhatikan, karena setiap peserta wajib menghadirkan tiga representasi yaitu adegan atau scene lokasi seperti @america dan logonya yang ada di pusat perbelanjaan Pasific Place, Jakarta Selatan, sosok Pancasila, dan sebuah kotak suara dalam bentuk apapun.

Usai pengerjaan film, peserta bisa mengunggah video melalui situs jejaring sosial Youtube, dengan batas akhir pengunggahan video hingga 6 November 2012 pukul 12.00 siang. Setelah video diunggah, peserta diminta mengirimkan alamat URL Youtube ke contest@america.info. Tiga pemenang akan dipilih dan diumumkan setelah seluruh film masuk seleksi dan dinilai oleh tim juri panel dan pejabat Kedutaan Besar AS.

Sepuluh film terbaik atau Top 10 film akan diputar di hari penyelenggaraan Pemilu AS, 7 November 2012 pukul 8.30 WIB di gedung @america. Tiga pemenang terbaik akan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar US$ 700 atau setara Rp 6.7 juta, US$ 500 atau setara Rp 4.8 juta, dan US$ 300 atau setara Rp 2,8 juta.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?50107

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
_____________________________________________________

Supported by :