KabariNews – Setelah tak lagi menjabat Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 19 November 2014  menjadi salah satu tokoh dunia yang diberikan penghargaan internasional “Champion of the Earth 2014” dalam bidang lingkungan hidup oleh United Nations Environment Programme (UNEP).

Penghargaan dengan kategori “Champion of the Earth 2014 for Policy Leadership” ini diberikan UNEP atas berbagai upaya positif SBY dalam memajukan pelestarian lingkungan. SBY dinilai tepat menerima penghargaan ini atas upaya yang dilakukannya dalam melestarikan dan menjaga lingkungan. Diantaranya, perancangan empat pilar startegi pembangunan pada masa pemerintahannya, yaitu, pro pertumbuhan ekonomi, pro pembukaan lapangan kerja, pro pengentasan kemiskinan dan pro terhadap pelestarian lingkungan hidup.



Selain itu juga berhasil melindungi sedikitnya 63 juta hektar hutan alami dan pada tahun 2007 telah dibentuk kerjasama di bidang pelestarian hutan yang disebut forestry-11 (F-11) dengan anggota pemilik hutan hujan tropis. Program kampanye penanaman satu milyar pohon yang dimulai di tahun 2009, sekarang telah berhasil ditanam sedikitnya 3,5 milyar pohon.

Namun, penghargaan dari UNEP tidak dapat diterima langsung oleh SBY karena sedang melaksanakan tugas sebagai presiden Global Green Growth Institute (GGGI) di Seoul, Korea Selatan.  Maka, anak sulung SBY, Agus Yudhoyono, yang tengah menempuh pendidikan di U.S Army Command and General Staff College Fort Leavenworth, Amerika Serikat mewakili penyerahan penghargaan tersebut di Smithsonian American Art Museum and National Portrait Gallery, Washington D.C.(1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72985

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Hosana