Ingin tahu lebih banyak tentang Vietnam? Inilah 10 fakta menarik tentang Vietnam yang mungkin belum Anda ketahui sebelum membaca artikel ini.

Yup! Vietnam termasuk dalam negara  tujuan wisata yang populer. Vietnam terkenal di seluruh dunia karena berbagai hal, termasuk Pho, Teluk Halong, Kopi Telur, dan lainnya. Namun ada lebih banyak hal di negara yang semarak ini. Jika itu belum cukup untuk meyakinkan untuk berkunjung, berikut adalah 10 fakta menarik dari KABARI tentang Vietnam.

Fakta 1: Bentuk S dari Vietnam yang unik

Bentuk S Vietnam adalah bentuk yang luar biasa untuk sebuah negara, panjang dan kurus, seperti Chili di Amerika Selatan. Ibu kota Hanoi berada di puncak kurva S yang sempit, berbatasan dengan China di utara dan Laos di barat.

Kemudian, jalur S turun, melewati Hoi An, Hue berbagi perbatasan dengan Kamboja di sebelah barat dan garis pantai yang panjang dan sempit dengan Laut Cina Selatan di sebelah timur. S kemudian melengkung di ujung selatannya, di mana Anda akan menemukan pusat ekonomi dan transportasi Vietnam – Kota Ho Chi Minh (juga dikenal secara lokal sebagai Saigon).

Fakta 2: Teluk Halong – ekosistem pulau kapur terbesar di Asia

UNESCO telah menetapkan Teluk Halong sebagai Situs Warisan Dunia di timur laut Vietnam. Seluruh wilayahnya mengandung hampir 2.000 pulau karst kapur, menjadikannya ekosistem pulau terbesar di Asia.

Batu kapur diperkirakan telah terbentuk lebih dari 500 juta tahun. Sebagai perbandingan, karst baru ada selama 20 juta tahun. Pulau-pulau Teluk Halong diberi nama sesuai bentuknya. Dua yang paling terkenal adalah Anjing Batu (Hòn Chó Đá) dan Teko (Hòn Ấm)!

Fakta 3: Gua terbesar di dunia: Gua Son Doong

Gua Son Doong adalah gua terbesar di dunia dalam hal volume. Yang unik tentang Gua Son Doong adalah penemuannya masih terus dilakukan. Para peneliti menemukan pada tahun 2019 bahwa gua tersebut mungkin lebih luas dari yang diperkirakan sebelumnya karena sungainya terhubung ke gua lain di dekatnya yang disebut Gua Thung.

Gua Son Doong adalah keajaiban alam yang membentang sejauh tiga mil. Itu cukup besar untuk diterbangkan oleh Boeing 747, dan banyak ruang gua dapat memuat seluruh blok bangunan di New York City.

Atap gua telah runtuh di beberapa tempat, mengundang hutan ke kedalamannya. Pohon, tumbuhan, dan satwa liar telah jatuh ke dalam lubang dan menjadikannya rumah mereka. Saat ini, pohon-pohon ini dapat tumbuh setinggi lebih dari 30 meter, menciptakan ekosistem yang unik untuk Gua Son Doong. Konon, dalam kondisi yang tepat, awan dapat terbentuk di dalam gua!

Fakta 4: Jembatan Emas – Ditopang oleh Tangan Tuhan

Jika Anda ingin melihat sendiri tangan raksasa yang memesona ini, pergilah ke taman hiburan Sun World Ba Na Hills di Da Nang, Vietnam. Karena sistem pendukungnya yang menawan, Golden Bridge telah menjadi sensasi viral sejak dibuka pada tahun 2018 lalu.

Meskipun jembatan ini dimaksudkan untuk membantu para pelancong menemukan jalan antara taman dan stasiun kereta gantung taman, itu memang menjadi daya tarik tersendiri. Tangannya terbuat dari fiberglass dan jaring kawat lalu dirancang agar terlihat seperti batu. Orang tidak hanya menemukan hubungan spiritual dengan desain jembatan, tetapi juga dipuji sebagai mahakarya struktural.

Fakta 5: Makanan jalanan Vietnam masuk ke Kamus Oxford

Variasinya yang tak terbatas dan citarasanya yang luar biasa membedakan masakan Vietnam. Banh mi dan pho adalah dua kata Vietnam yang didefinisikan dalam Kamus Oxford daripada diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Banh mi adalah sandwich khas yang semakin populer di kalangan orang-orang di seluruh dunia. Secara umum, ini adalah sepotong roti dengan tiga isian utama: daging (babi panggang, babi panggang atau panggang), sayuran (wortel acar, irisan mentimun, dan daun ketumbar), dan saus (cabai, tomat atau kecap).

Pho adalah sup mie beras dengan daging sapi mentah atau matang, urat daging sapi atau bakso, tauge, dan rempah-rempah. Pho bisa makan kapan saja sepanjang hari, tetapi paling terkenal untuk sarapan. Dan Anda dapat menemukan hidangan ini di mana-mana di negara ini.

Fakta 6: Kopi telur – Kopi unik di Vietnam

Jika Anda seorang penikmat kopi, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Vietnam menjadi pengekspor kopi terbesar kedua di dunia, setelah Brasil. Kopi diperkenalkan ke Vietnam oleh orang Prancis pada tahun 1800-an dan ditanam di daerah dataran tinggi, dengan kapasitas produksi tahunan hanya mencapai sekitar 80 ton. Setelah Perang Vietnam, produksi kopi semakin meningkat. Vietnam baru-baru ini memproduksi lebih dari 1 juta ton per tahun.

Kopi musang adalah kopi termahal di Vietnam, juga dikenal sebagai Kopi Luwak atau kopi luwak di Indonesia dan Filipina. Harga kopi spesial ini sekitar 150USD/kilogram dan merupakan salah satu dari sepuluh kopi termahal di dunia.

Proses pencernaan membuat kopi musang berharga dan mahal. Musang makan buah kopi. Biji kopi dilindungi dengan sempurna oleh selaput sutra tipis dan bertahan dari sistem pencernaan musang sebelum dikumpulkan dari kotoran musang. Biji kopi ini menjadi sangat aromatik, dengan aroma vanilla dan rasa yang manis.

Selain mengekspornya, orang Vietnam menikmati meminumnya dan telah mengembangkan budaya kopi yang kaya. Cara yang paling umum adalah menggunakan filter tetes logam kecil yang dikenal sebagai “phin cà phê”, yang disajikan (panas atau dingin) dengan susu kental manis sebagai pemanis.

Kopi telur Hanoi yang terkenal adalah cara minum kopi unik di Vietnam dan mungkin kopi favorit para turis yang pernah mereka coba. Kopi telur – “cà phê trứng” dibuat dengan kuning telur kocok dan susu kental. Itu dibuat pada tahun 1940-an ketika susu langka, dan kuning telur adalah pengganti yang nyaman.

Fakta 7: Wifi Gratis

Jaringan WiFi dapat diandalkan dan dapat ditemukan hampir di mana saja di kota-kota besar. Sebagian besar kedai kopi, hotel, waralaba makanan cepat saji, dan bahkan jalan-jalan utama menawarkan akses Internet gratis. Jika WiFi dilindungi kata sandi, jangan takut untuk memintanya kepada staf. Tidak ada biaya tambahan.

Fakta 8: 40% orang Vietnam bermarga Nguyn

Di Vietnam, Nguyễn adalah nama belakang yang paling umum (diperkirakan sekitar 40%!). Namun, 40 persen orang Vietnam tidak memiliki hubungan keluarga.

Sebaliknya, banyak orang mengubah nama belakang mereka menjadi Nguyễn selama kebangkitan Dinasti Kekaisaran Nguyễn pada tahun 1800-an. Mengubah nama keluarga telah umum sepanjang sejarah Vietnam ketika raja telah berubah, apakah untuk menyembunyikan kesetiaan sebelumnya kepada pemimpin yang kalah atau menghindari penganiayaan oleh penguasa baru.

Jadi, jika Anda bertemu dua orang dengan nama belakang yang sama di Vietnam, bukan berarti mereka memiliki hubungan kekeluargaan atau keturunan.

Fakta 9: Kelompok etnis Vietnam sangat beragam

Vietnam adalah negara multietnis dengan 54 kelompok etnis yang diakui oleh pemerintah. Setiap kelompok etnis berbicara bahasanya dan mempraktikkan adat istiadatnya. Orang Vietnam (Kinh) membentuk sekitar 86 persen dari populasi negara itu dan sebagian besar tinggal di delta dan provinsi pesisir.

14% sisanya, atau sekitar 8,5 juta orang, tersebar di daerah pegunungan dan dataran tinggi mulai dari utara hingga selatan. Kelompok-kelompok ini memiliki bahasa, agama, ritual, dan gaya perumahan dan pakaian tradisional mereka.

Fakta 10: Teratai adalah bunga nasional Vietnam

Pada tahun 2010, bunga teratai terpilih sebagai bunga nasional Vietnam. Bunga yang dipilih banyak ditanam di seluruh negeri. Teratai adalah sejenis tanaman air yang tumbuh di kolam berlumpur. Daunnya tahan air dan mengapung. Bunga naik di atas permukaan air untuk menangkap matahari, mekar dengan keindahan yang menakjubkan, dan memancarkan aroma yang menyenangkan,

Teratai adalah simbol kecantikan murni yang tidak dirusak oleh lumpur dan semangat kuat orang Vietnam yang bertahan dalam kesulitan untuk menunjukkan kualitas terbaik mereka ke dunia luar, terlepas dari keadaan yang sulit.

Negara yang luar biasa ini menunggu penjelajahan Anda ke pulau-pulau yang belum terjamah, pantai yang indah, makanan lezat, budaya yang menarik, dan sejarah yang fantastis.

Sumber foto: hiddenhoian.com

Tertarik ingin wisata ke Vietnam? Dapatkan Informasinya dibawah ini.

vietnam