Sekelompok pihak menganggap ucapan Selamat Natal yang datang dari kaum Muslim sebagai sebuah gestur yang kontroversial. Namun demikian, anggapan tersebut tidak berhasil menyurutkan tokoh-tokoh Muslim terkemuka dunia untuk menunjukkan rasa toleransi beragama dalam hidup bermasyarakat.

Joko Widodo ~ Presiden Republik Indonesia

Presiden RI (dok. Setkab)

Melalui akun Instagram miliknya, Jokowi berharap perayaan Natal bisa membawa kedamaian untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Kepada segenap umat Kristiani di mana pun berada, semoga perayaan Natal tahun ini membawa damai di hati kita semua.”

Sheikh Muhammad bin Zayed ~ Putra Mahkota Uni Emirat Arab

Putra Mahkota UEA (dok. Atlantic Sentinel).




“Dari UEA, negeri yang didirikan dengan semangat toleransi, cinta, dan hidup berdampingan, kami mengucapkan selamat kepada orang-orang Kristen di seluruh dunia dan berharap mereka damai dan berbahagia dalam merayakan Natal.”

Raja Zarith Sofiah ~ Permaisuri Kesultanan Johor

Permaisuri Johor (dok. Zarith Sofia Idris FB)

Dalam postingannya di sosial media, Raja Zarith Sofiah mengenang perayaan Natal saat masih tinggal di asrama saat bersekolah di Inggris. Saat itu, wanita yang kini mengemban amanah sebagai Permaisuri Kesultanan Johor tersebut mengamati jalanan kota London yang dipenuhi oleh pembeli yang membeli hadiah Natal untuk keluarga mereka. Sebagai turis, ia mengagumi hiasan dan lampu-lampu yang indah sembari mendengar merdunya lagu-lagu Natal dinyanyikan oleh paduan suara.

“Tuanku Sultan Johor, keluarga, dan saya pribadi berharap agar setiap insan yang merayakan Natal berbahagia dan menikmati waktu yang berkesan dengan keluarga dan teman—teman mereka.”

Hassan Rouhani ~ Presiden Republik Islam Iran

Dalam ucapan Natalnya, Rouhani menyatakan harapannya agar komunitas internasional terus mendorong perdamaian atas dasar keadilan dengan mengambil nilai-nilai positif yang diajarkan oleh para Nabi.

Presiden Iran (dok. MintPress)

Al Hussein bin Abdullah II ~ Putra Mahkota Kerajaan Yordania

Sang Putra Mahkota Kerajaan Yordania sempat menghadiri perayaan Natal dan Tahun Baru yang digelar oleh Fountain of Life Monastery di Jerash. Pada kesempatan itu, AL Hussein mengucapkan Selamat Natal kepada seluruh kaum Kristiani.

Putra Mahkota Yordania (dok. LMT)

Mahathir Mohammad ~ Perdana Menteri Malaysia

Perdana Menteri Malaysia (dok. Malaysian Reserve)

Dalam video singkatnya, Tun Mahathir berharap agar rakyat yang dipimpinnya selalu mempertahankan semangat inklusivitas yang mempersatukan mereka.

“(Tun Dr. Siti) Hasmah dan saya ingin mengucapkan Selamat Natal kepada seluruh warga Malaysia.”

Muhammadu Buhari ~ Presiden Nigeria

“Pada Natal, kita merenungkan kelahiran seorang bayi yang rendah hati, simbolis dan ilahi ribuan tahun yang lalu di Betlehem, Yudea; dan pesan pengharapan, belas kasih, keselamatan, rekonsiliasi, pengampunan, dan kedamaian yang diwujudkan dan disampaikan oleh Yesus Kristus. Selamat Natal untuk Semua!”

Presiden Nigeria (dok. Naija News)