Riset Lifepal.co.id sebelumnya, memanfaatkan data dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), menunjukkan bahwa, dari tahun ke tahun, dana simpanan masyarakat di bank umum terus meningkat. 

Grafik di bawah ini menunjukkan kenaikan secara konsisten dari tahun 2016 sampai tahun 2020. Total simpanan yang pada Agustus 2016 hanya berkisar di angka 4.678 triliun rupiah, terus mengalami peningkatan sampai pada agustus 2020 berada pada angka 6.563 triliun rupiah.

Artinya, makin banyak masyarakat yang menyimpan uang di bank. Ditinjau dari sisi literasi keuangan, kenaikan jumlah simpanan ini tentu dapat dimaknai sebagai meningkatnya pula literasi keuangan Indonesia.

Memang, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks literasi keuangan Indonesia pada tahun 2019 berada pada angka 38,03%, meningkat dari 29,7% di tahun 2016. Kendati demikian, dibandingkan Thailand yang sudah mencapai 73% dan Singapura yang mencapai 98%, angka ini terbilang masih rendah. 

Literasi keuangan sendiri dapat didefinisikan sebagai pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai lembaga keuangan formal, produk, dan jasa keuangan. Termasuk di dalamnya adalah manfaat, fitur, risiko biaya, kewajiban, dan hak dari suatu produk dan jasa keuangan. Jadi kemungkinan banyak masyarakat Indonesia yang sudah menabung di bank namun belum sepenuhnya mengetahui layanan atau fasilitas lain yang ada di perbankan. Salah satunya adalah fasilitas nasabah prioritas. 

Fasilitas ini diberikan kepada nasabah bank yang menginginkan pelayanan prioritas. Pertumbuhan layanan nasabah prioritas dalam beberapa tahun terakhir memang meningkat, hampir semua bank memberikan fasilitas serupa. Bank ingin menyasar tipe nasabah seperti ini dikarenakan dari “tebal”-nya kantong nasabah tipe itu. 

Namun, ada berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi oleh seseorang agar bisa mendaftarkan diri menjadi nasabah prioritas di sebuah bank. Syarat untuk menjadi nasabah prioritas di setiap bank biasanya berbeda-beda, tapi kita bisa mengambil contoh syarat nasabah prioritas yang paling umum dari tiap bank, sebagai berikut:

  1. Memiliki portofolio keuangan dengan nilai total minimal Rp500.000.000 atau di beberapa bank juga menetapkan nilai total minimal Rp1.000.000.000 yang berupa simpanan (tabungan, giro, dan deposito), Bancassurance, dan produk investasi.
  2. Memiliki sumber dana serta aktivitas penggunaan dana yang memenuhi aspek KYC (Know Your Customer).
  3. Tidak berada dalam blacklist atau Daftar Hitam Bank Indonesia maupun Bank yang berkaitan.
  4. Memiliki dana tersimpan yang bukan berasal dari dana pinjaman Bank.
  5. Adanya sejumlah biaya admin diatas rata rata biaya tabungan lainnya tiap bulan
  6. Memiliki rekam jejak yang baik sebagai nasabah tabungan perorangan Bank ataupun perbankan lain.

Dengan sejumlah syarat yang disertakan di dalam pembukaan rekening menjadi nasabah prioritas, tentu ada segudang manfaat yang akan didapat jika kita menjadi nasabah prioritas. 

Karena tidak semua orang bisa menjadi nasabah prioritas, mereka yang sudah menjadi nasabah prioritas akan memperoleh beberapa pelayanan istimewa. Berikut adalah beberapa keuntungan menjadi nasabah prioritas yang perlu anda ketahui 

1.Hadiah di hari ulang tahun anda

Bank turut merayakan hari lahir atau ulang tahun nasabah prioritas. Setiap tahun, para nasabah Prioritas akan menerima hadiah berkesan sebagai bentuk syukur dan apresiasi Bank.

2. Undangan Eksklusif

Nasabah prioritas akan menerima undangan VVIP dan menghadiri berbagai event eksklusif dari Bank. Hal ini bermanfaat untuk mempertemukan Anda dengan relasi bisnis potensial melalui convention, gala dinner, product release, pertunjukan musik, atau charity event.

3. Layanan Bepergian Eksklusif

Sebagai nasabah prioritas, Anda berhak menerima akses ke berbagai executive lounge di berbagai bandara di Indonesia, penyewaan private jet, serta layanan personal travel assistant untuk membuat rencana bepergian Anda semakin nyaman.

4. Potongan harga di berbagai tempat

Para nasabah prioritas biasanya juga akan menerima diskon dan potongan spesial di berbagai restoran, hotel, atau merchants lainnya.

5. Jasa Perencanaan Keuangan

Menjadi nasabah prioritas memungkinkan Anda seolah memiliki asisten keuangan pribadi melalui layanan konsultasi perencanaan keuangan dan investasi, perencanaan dana pensiun, serta perencanaan program asuransi (bancassurance).

6. Safe Deposit Box

Nasabah prioritas biasanya Akan diberikan sistem keamanan ganda safe deposit box yang tahan api untuk melindungi aset berharga Anda.

7. Golf Clinic

Fasilitas untuk Anda pecinta olahraga golf. Bank menyediakan pelatih profesional untuk melatih pukulan bola secara privat.

8. Informasi

Umumnya Anda menjadi yang pertama kali diinformasikan mengenai produk-produk investasi yang potensial. 

9. Promo Suku Bunga

Keuntungan yang didapat menjadi nasabah prioritas di antaranya adalah mendapatkan promo suku bunga lebih rendah pada KPR, KKB, atau kredit lainnya, bahkan dapat bernegosiasi untuk mendapatkan rate bunga tabungan lebih tinggi, rate bunga kredit lebih rendah serta proses kredit yang lebih mudah.

10. Layanan Khusus

Adanya layanan khusus yang jauh lebih cepat dan responsif. Sehingga Anda tidak perlu mengantri lama dalam mengakses layanan perbankan.

Benefit-benefit tersebut dapat digunakan bagi kemudahan para nasabah prioritas. Jadi, bagi Anda yang sudah memiliki simpanan paling tidak Rp500 juta, Anda tentu berpeluang untuk menjadi nasabah prioritas di salah satu bank umum di Indonesia, sehingga dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang memudahkan berbagai kebutuhan layanan perbankan Anda.

Sumber: https://lifepal.co.id/asuransi/jiwa/