Wajah tanpa Jerawat

Gugur satu tumbuh seribu. Pepatah ini jelas menyebalkan kalau diibaratkan dengan jerawat. Baru hilang satu, sudah tumbuh yang lain. Banyak obat sudah dicoba, ke dokter kulit juga sudah, tapi terkadang jerawat tetap saja rutin nongol. Lalu apa yang salah? Makan ini-itu jadi takut bakal membuat jerawat makin banyak. Apalagi makan coklat dan kacang.

Menurut Diane Berson, MD, asisten profesor dermatologi di Weill Medical College of Cornell University dan dermatolog di New York City, bahwa makanan seperti coklat dan kacang pantas dihindari karena menyebabkan jerawatan itu hanya mitos. “Tidak ada makanan yang dipantang agar tidak jerawatan. Jerawat itu sebagian besar disebabkan faktor keturunan dan hormon.” Makanan seperti coklat, kacang, susu tidak masalah asal tidak kebanyakan, pilih yang rendah gula dan pilihlah dark chocolate serta produk organik.

Begitu pula dengan penggunaan kosmetik, pelembab atau tabir matahari, carilah yang bebas minyak. Saat berolahraga, hindari memakai riasan karena setelah bercampur dengan keringat akan dapat memperburuk jerawat. Segera membersihkan wajah saat tiba di rumah sehingga tidak menumpuk debu dan minyak di wajah. Di bawah ini ada beberapa petunjuk mengobati jerawat dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Apple Cider Vinegar
Oleskan sedikit cuka sari apel ini pada jerawat, biarkan sampai mengering Tak perlu membilas wajah untuk membersihkannya. Dapat dioleskan sekali atau dua kali sehari.

Tomat
Belah tomat menjadi dua bagian, kemudian ambil sedikit airnya dan oleskan pada jerawat dua kali sehari. Oleskan tipis-tipis.

Putih Telur
Putih telur ini dapat membantu proses pengeringan jerawat dengan cara meredam kelebihan minyak. Ambil setetes putih telur dan oleskan pada jerawat. Dapat juga dicampur dengan sedikit madu dan perasan lemon, lalu oleskan sekali sehari.

Bawang Putih
Kupas dan gerus bawang putih sehingga mengeluarkan cairan, kemudian oleskan sedikit cairan itu pada jerawat dan biarkan sampai mengering, lalu bilas wajah dengan air dingin.

Baking Soda
Bubuk ini sungguh memiliki manfaat yang sangat banyak. Bukan hanya untuk memasak, membersihkan barang-barang rumah tangga, juga untuk merawat wajah. Termasuk membasmi jerawat. Campurkan sedikit baking soda dengan air sehingga mengental. Basuh wajah dengan air hangat, kemudian oleskan campuran tadi ke seluruh wajah sambil dipijat-pijat secara lembut. Biarkan mengering sekitar sepuluh menit lalu bilas dengan air hangat. Cukup lalukan sehari sekali atau dua hari sekali. Baking soda ini dapat membuat wajah kering, jadi janganlah terlalu sering dan setelahnya oleskan pelembab non-comedogenic.

Kulit Pisang
Jangan buang kulitnya setelah makan pisangnya, kulitnya dapat dimanfaatkan untuk mengurangi peradangan dan proses penyembuhan pada jerawat. Cukup gosokkan kulit pisang bagian dalam ke wajah yang sudah dibersihkan terlebih dulu. Biarkan selama beberapa menit. Kemudian bilas dan dapat diulang sampai dua kali sehari.

Aspirin
Kandungan yang terdapat dalam Aspirin ini dapat membantu mengeringkan dan mengelupaskan jerawat. Caranya, gerus satu sampai dua aspirin, kemudian tempatkan dalam mangkuk kecil dan campur dengan sedikit air sehingga mengental, lalu oleskan pada jerawat. Biarkan sekitar 20 menit sebelum bilas dengan air dingin. Hati-hati saat mengoleskannya, jangan sampai terkena kulit yang tak berjerawat untuk menghindari kulit kering dan mengelupas.

Tetes Mata
Teteskan beberapa larutan ke dalam mangkuk kecil kemudian oleskan pada jerawat dengan memakai cotton bud. Biarkan sampai mengering dengan sendirinya. Obat tetes ini dapat mengobati jerawat yang meradang.

Madu Mentah
Madu mentah (raw honey) atau madu murni sangat baik sebagai masker wajah yang dioleskan selama 15 sampai 30 menit. Tapi jika hanya untuk mengobat jerawat, cukup oleskan pada jerawat setelah wajah dibersihkan terlebih dulu. Baik dilakukan sebelum tidur dan bilas keesokan harinya.

Kulit Mentimun
Gosok kulit mentimun secara hati-hati pada jerawat. Biarkan semalaman. Bilas keesokan harinya dengan air dingin. Lakukan tiga kali dalam seminggu.

Bubuk Kayu Manis
Tuangkan bubuk kayu manis ini ke dalam mangkuk kecil lalu campur dengan air jeruk nipis sampai mengental. Oleskan pada jerawat dan biarkan sekitar 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Jeruk Nipis
Air jeruk nipis juga digunakan dengan campuran air mawar. Campurkan dua sendok teh air jeruk nipis dengan dua sendok teh air mawar, kemudian oleskan di bagian jerawat dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?62967

Untuk melihat artikel Mode & Gaya lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :