Faza Meonk tidak tanggung-tanggung dalam upaya mengembangkan idenya untuk serial komik terbarunya. Kali ini, komikus asal Indonesia tersebut menggandeng liga utama sepak bola Spanyol, La Liga.

Berpose dengan maskot RCD Espanyol (dok. Si Juki)

Sebelumnya, Faza pernah menerbitkan komik dengan tema sepak bola yang berjudul Bacotan Bola Si Juki dan Keroyokan. Ditemani oleh karakter fiksi ciptaannya yang bernama Si Juki, ia sempat bertandang ke markas besar klub-klub sepak bola yang berkompetisi di La Liga pada akhir tahun 2018 untuk mengumpulkan materi riset. Selama dua pekan perjalanannya di Spanyol, Si Juki berkesempatan untuk berkunjung ke FC Barcelona, RCD Espanyol, Real Sociedad, Real Betis Balompie, CD Leganes, dan SD Eibar.

Belum lama ini, Si Juki juga pernah menjalin kerjasama serupa dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk membuat komik Seri Jalan-Jalan Nusantara yang bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata di Tanah Air. Menurut keterangan yang dilansir oleh pihak Kemenko Kemaritiman, projek tersebut juga dimaksudkan agar generasi muda lebih mencintai Bumi Nusantara dan semakin memahami potensi kekayaan maritim Indonesia melalui komik sebagai sebuah metode pengenalan yang kekinian. Berdasarkan statistik penjualan Elex Media Komputindo selaku penerbit beberapa komik buatan Faza Meonk, Si Juki menduduki peringkat pertama dalam pasar penjualan komik lokal.

Di Camp Nou – Stadion FC Barcelona (dok. Si Juki)


Kunjungan Si Juki ke CD Leganes (dok. CD Leganes)

Selain dalam bentuk komik, Si Juki juga telah ditampilkan dalam format film layar lebar yang berjudul Si Juki The Movie. Film tersebut bahkan berhasil menyabet predikat Film Animasi Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2018.

Postingan FC Barcelona terkait kunjungan Si Juki (dok. FC Barcelona)