Selama berada di Jakarta pada tanggal 30 September 2019, Wakil Menteri Pertanian Amerika Serikat untuk Urusan Perdagangan dan Layanan Pertanian Luar Negeri, Ted McKinney, bertemu dengan para pimpinan industri olahan susu Amerika Serikat untuk membahas peningkatan hubungan antara eksportir produk olahan susu Amerika Serikat dan importir Indonesia.

“Amerika Serikat dan Indonesia memiliki hubungan perdagangan bilateral di bidang pertanian yang kuat, dan produk olahan susu merupakan salah satu komponen utama dari hubungan itu,” kata McKinney. “Kedua negara kita sudah menikmati hubungan perdagangan pertanian yang saling menguntungkan, dan saya hadir di sini untuk memperkuat hubungan tersebut. Saya berharap dapat bertemu dengan beberapa pejabat Indonesia untuk membahas peluang-peluang bisnis baru maupun meningkatkan peluang yang telah ada untuk para eksportir produk olahan susu dari Amerika Serikat.”

Selain berpartisipasi dalam pertemuan tentang ekspor produk olahan susu, Wakil Menteri Pertanian McKinney juga bertemu dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI untuk membahas kontribusi ethanol dari Amerika Serikat dalam memenuhi kebutuhan energi Indonesia, serta dengan Kementerian Pertanian RI untuk membahas peluang ekspor daging sapi dari Amerika Serikat ke Indonesia. Wakil Menteri McKinney juga mengadakan pertemuan dengan Kementerian Perdagangan membahas lebih lanjut upaya meningkatkan hubungan bilateral perdagangan pertanian AS-Indonesia.