Melakukan bedah plastik bukanlah yang tabu, bahkan sekarang telah menjadi trend tersendiri  Disamping didorong karena faktor kesehatan , bedah plastik juga dilakukan karena faktor estetika atau sebagai peningkatan rasa percaya diri.

“Rata-rata wanita yang melakukan bedah plastik dan mereka ingin mengembalikan bentuk tubuhnya seperti bentuk payudaranya yang kendur akibat melahirkan agar terlihat kencang dan berisi kembali,” kata  Rika yang berprofesi sebagai Beauty Konsultan Bedah Plastik.

Rika pun membandingkan keadaan dulu dengan sekarang dimana jarang ada istri yang ditemani suaminya saat ingin melalukan bedah plastik, namun sekarang banyak suami yang menemani  istrinya. Begitu pun dengan dokter bedah plastik Indonesia yang juga tidak kalah kompetensi dan kualitasnya dengan dokter bedah luar negeri.

Masyarakat tidak lagi malu-malu menunjukkan dirinya telah melakukan bedah plastik, terlebih dengan kehadiran sosial media seperti Instagram dan Tik Tok. Hal ini seperti yang diamati Rika pada tahun 2021 sampai di awal tahun 2022.

“Mereka yang melakukan bedah plastik mulai berani menunjukkan hasil operasi plastiknya seperti memperlihatkan wajahnya yang simetris, sedot lemak, breast implant atau implan payudara. Di 2021 sampai 2022 sudah banyak yang melakukan operasi plastik  dan blow up ke sosial medianya,” katanya kepada KABARI.

Di tahun 2022, implan payudara dan sedot lemak bakal jadi primadona bedah plastik yang banyak digemari.  Kenapa banyak diminati? Rika menjelaskan sebabnya adalah Implan payudara aman dilakukan dan tidak berbahaya bagi tubuh. Selain itu untuk sedot lemak, banyak digemari karena datangnya alat-alat canggih yang semakin menjamin keamanan, kenyamanan dan kecepatan.

Dan semua tindakan bedah plastik, baik itu implan atau sedot lemak tidak harus dilakukan di rumah sakit tetapi cukup di klinik saja. Tidak memerlukan rawat inap karena prosesnya hanya sebentar, kurang lebih 1-2 jam dan pasien sudah boleh pulang.  Jika domisili pasien jauh dapat stay 2-3 hari di hotel terdekat.

Namun sebelum melakukan bedah plastik, Rika menyarankan dilakukan oleh mereka yang profesional, termasuk dokter spesialisnya yang harus terpercaya dan klinik tempat melakukan bedah plastik juga terpercaya atau yang memiliki izin resmi.

“Jangan karena harga murah terus mudah tergiur untuk melakukan implan payudara dimana saja,” tuturnya.

Rika menambahkan setelah melakukan implan payudara disarankan untuk menggunakan korset selama  1-2 bulan, tidak meminum alkohol, tidak berenang selama 1 bulan, setelahnya pasien dapat beraktivitas seperti biasa.

Apakah Implan payudara ada masa kadaluarsanya?  Ya, lebih baik implan diganti 10 tahun kemudian karena seiring waktu bentuk tubuh akan berubah. Jadi dianjurkan untuk mengganti implan yang lebih baik bentuknya.