Java Festival Production kembali menggelar acara musik festival yang beraliran jenis musik R & B, soul, rap, hip hop, electronic dan dance yang bernama AXIS Jakarta International Java Soulnation Festival 2009.

Untuk tahun ini, Soulnation menggelar 2 hari acara full musik yang diramaikan oleh deretan artis-artis ternama nasional maupun internasional. Sebutlah DMC dari band Run DMC, Atlantic Starr, The Ting Tings, Arrested Development, Tortured Soul, Jessica Mauboy dari Australia, Corporate Lo-Fi dari Filipina.

Sedangkan artis Indonesia yang ikut dalam Soulnationa antara lain adalah Ras Muhammad, Dira J. Sugandi, Konflik Live PA, Batik Tribe, Zam Zam, Soulvibe, RAN, Tangga, Panji, Neo, Slank, Ndeesaster, Daviuz, ditambah dengan DJ Moni, DJ Spooky, DJ Lenno, DJ Larry, dan special project IndonesiaUnite R.I.S.E. (hosted by Glenn Fredly). Acara ini digelar pada tanggal 30-31 Oktober di Istora Senayan, Jakarta.

Banyak yang bertanya-tanya, kenapa The Ting Tings dimasukkan dalam program acara ini, padahal tidak sesuai dengan genre R & B, soul ataupun hip hop. Koordinator Program JVP, Eki Puradiredja, dalam jumpa pers Axis Jakarta Internasional Java Soulnation Festival 2009 di Jakarta, Kamis,  menjawab bahwa permintaan untuk mendatangkan The Ting Tings ternyata cukup tinggi, sehingga Soulnation memutuskan untuk memasukan duo group ini ke deretan artis pendukung. Selain itu The Ting Tings mewakili aliran electronic sound dan dance.

Tortured Soul, salah satu artis yang hadir dalam press conference mengaku tak sabar untuk manggung di Soulnation. “Kami senang bisa tampil di Indonesia dan kami tak sabar untuk tampil besok.”

Tak hanya konser biasa, di Soulnation juga diadakan konser amal. “Akan ada tiga konser amal yaitu konser amal Slank, konser Indonesia Unite RISE yang dimotori Glen Fredly, dan konser Pandji untuk NTT (Nusa Tenggara Barat),” tambah Eki.

Indonesia Unite adalah sekelompok pengguna internet yang peduli terhadap keadaan Indonesia dan dibentuk pada saat pasca bom Kuningan dua bulan yang lalu. Di sini artis-artis Indonesa Unite antara lain Glenn Fredly, Dewi Sandra, Yacko dan JFlow akan menyanyi gratis di special show (yang seharusnya bayar), hanya saja penonton diminta kerelaannya untuk menyumbang uang berapapun yang hasilnya akan disumbangkan untuk korban gempa Padang.

Tidak hanya Indonesia Unite, Slank juga akan melakukan konser amal untuk gempa Padang, sedangkan Pandji mendedikasikan konsernya untuk penduduk miskin di Nusa Tenggara Barat (NTT). Dalam konser mereka akan disediakan kotak sumbangan. Totalnya, ada 3 konser amal dalam Soulnation.

Selain itu AXIS, sponsor utama acara Soulnation mengatakan akan mengalokasikan Rp 10.000 dari setiap tiket AXIS yang terjual untuk korban gempa Padang.

Soulnation tahun ini tidak mengedepankan acara hura-hura semata, melainkan mengingatkan pengunjung akan saudara kita yang tidak beruntung dan yang mengalami bencana alam.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?33964

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :