Penyebaran COVID-19 terus berkembang di seluruh dunia. Lebih dari 422.000 orang di seluruh dunia telah terinfeksi. Penyakit ini telah mencatat tingkat kematian 4,5 persen ketika 18.892 orang meninggal karena penyakit tersebut.

Indonesia, negara demokrat terbesar ketiga di dunia, telah melaporkan lebih dari 1.528 kasus dengan tingkat kematian lebih dari 8 persen.

Masyarakat telah dihimbau untuk mengisolasi diri selama setidaknya 14 hari untuk menahan penyebaran virus corona dengan cepat. Meskipun tindakan pencegahan ini terbukti efektif, tindakan ini gagal untuk memperhitungkan fakta bahwa banyak orang miskin dan berpenghasilan rendah tidak mampu mengasingkan diri. Orang yang bekerja di sektor informal seperti pengemudi daring, pemulung, atau pedagang keliling tidak memiliki keistimewaan untuk bekerja dari rumah karena pekerjaan mereka tidak dapat dilakukan dari jarak jauh.

Pada tahun 2019, orang yang bekerja di sektor informal menyumbang 57,2 persen dari tenaga kerja Indonesia, atau sekitar 74 juta orang. Sebanyak 25 juta orang hidup di bawah garis kemiskinan – yaitu sekitar 9 persen dari populasi Indonesia. Setidaknya dua minggu isolasi diri berarti orang-orang ini berisiko kehilangan sumber pendapatan tunggal mereka.

Kami melihat begitu banyak kasus orang yang sekarang tidak mampu memberi makan keluarga mereka di daerah yang paling parah terkena dampak seperti Jakarta Selatan. Karena putus asa, mereka terus pergi tanpa mempraktikkan jarak sosial dalam upaya mendapatkan uang untuk memberi makan keluarga mereka. Tindakan semacam ini hanya akan mendorong penyebaran virus dan menyebabkan semakin banyak orang terinfeksi.

BAGAIMANA ANDA BISA MEMBANTU?

Kami mengumpulkan uang tunai dan sumbangan dalam bentuk barang untuk membeli dan mendistribusikan kebutuhan dasar berikut kepada mereka yang paling terkena dampak di Jakarta Selatan:

  • Makanan (beras, minyak goreng, mie instan, kacang kering / kalengan, sayuran kaleng, telur, tempe).
    Makanan bayi / susu formula.
    Pembersih tangan dan perlengkapan mandi.
    Masker pelindung wajah.
  • Tolong bantu kami dengan berdonasi sehingga kami dapat membantu memberi makan keluarga kurang mampu yang harus mencari nafkah harian di Jakarta.

Jika Anda ingin menyumbang dalam bentuk barang, silakan hubungi Ibu Lisa di: lisa@indonesiaindahfoundation.org atau hubungi +62 (0) 895 0404 2805 (WA).