Hujan deras selama kurang lebih empat jam yang terjadi kemarin, Senin (25/10/2010)  di Jakarta, menyebabkan lalu lintas dilanda kemacetan parah.

Nyaris semua jalur lalu lintas Jakarta kemarin sore  kacau balau. Di ruas Jalan Ahmad Yani Jakarta Pusat ke arah Cawang, kemacetan mengular hingga hingga ke perempatan UKI.  kemacetan terjadi karena  ada genangan  air setinggi kurang lebih 50 cm  di daerah Kebon Nanas. Genangan air menghambat arus lalu lintas,  akibatnya kendaraan  menumpuk di titik tersebut.

Nano Ahmad (36), seorang pekerja  yang berkantor di daerah Sunter,  Jakarta Utara, menghabiskan waktu 2 jam dari Jalan Ahmad Yani ruas Sunter menuju Cawang.  Padahal di hari biasa, meskipun macet, paling lama hanya 30 menit.

Alhasil ia baru tiba dirumahnya di Pondok Gede pukul sembilan malam atau menempuh 4 jam perjalanan dari Sunter ke Pondok Gede. “Saya keluar kantor jam lima kurang, biasanya sampai rumah paling telat pukul setengah tujuh malam. Ini jam sembilan baru sampai” ujarnya.

Seperti tak mau kalah, Rudi Adrian, yang menjemput istrinya di daerah Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan, juga menghabiskan waktu empat jam menuju Pondok Gede. “Sepanjang jalan Casablanca macet total, lepas dari Casablanca kena macet di Cawang,” katanya.

Kemacetan parah juga terjadi di ruas jalan Warung Buncit ke arah Ragunan, yakni mulai dari perempatan Mampang hingga ke perempatan TB Simatupang, Ragunan.  Jalan sejauh  10 kilometer  ini ditempuh hingga  3 jam lebih yang biasanya cuma 30 menit.

Wilayah banjir yang memiliki ketinggian di atas 50 cm, antara lain Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, ke arah Pancoran dan sebaliknya, ke arah Jalan Wolter Monginsidi, tertutup luapan air Sungai Krukut setinggi 1 meter. Jalan tersebut sama sekali tak bisa dilewati.

Jalan Tol Bintaro-BSD Serpong di Kilometer 8 banjir sehingga jalan tol tersebut ditutup. ”Ketinggian air di atas jalan tol mencapai 70 cm karena ada luapan air sungai di sekitar tol. Di dalam tol terjadi antre panjang sampai 4 kilometer,” kata Ajun Inspektur Satu Kasno, petugas TMC Polda Metro Jaya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?35772

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Klik di sini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_______________________________________________

Supported by :