KabariNews РSemua orang pasti tahu kalau donat, berbentuk  bulat dan berlubang di bagian tengah. Tapi tahukah Anda kenapa dibuat berlubang? Ternyata bentuk bolong ditengah bukan hanya variasi saja, sang penemu menciptakan donat berciri khas dengan maksud lain. Mari kita cari tahu.

Sebelum sepopuler sekarang, donat memiliki bentuk yang biasa saja. Boleh dibilang mungkin bila tidak dibuat berciri khas, belum tentu donat akan terkenal dan digemari seperti sekarang. kue goreng ini dulunya tidak menarik, hampir sama seperti roti lainnya tidak ada bagian yang dibolongi alias tertutup rapat. Seorang kapten kapal asal Denmark, Hanson Gergory disebut-sebut sebagai penemu donat.

Singkat cerita, sekitar tahun 1847 donat sudah sering dibuat sebagai camilan pada masa itu. Hanson yang sangat menyukai kue goreng menemukan bentuk donat tanpa sengaja. Banyak sumber menyebutkan, Hanson kerap kali kecewa saat memakan donat karena bagian tengahnya terkadang kurang matang. Dari situlah ia terpikir untuk melubagi donat supaya tingkat kematangan kue merata sempurna.

Cara tersebut ternyata berhasil dan untuk seterusnya Hanson selalu membuat donat dalam bentuk berlubang. Dalam Wikipedia tertulis, penemuan fenomenal ini ditemukan Hanson saat dia sedang melakukan perjalanan berlayar. Tahukah Anda, roda kemudi kapal milik Hanson juga berperan penting dalam penemuan tersebut. Ketika menyetir kapal, donat sering kali ditusukan pada roda kemudi. Hal ini juga terjadi saat donat belum diubah bentuknya, Hanson memeriksa bagian tengah donat mentah saat dia menusukkan donat pada kemudi.

Ada cerita lain tentang donat. Teori lain tentang penemuan donat muncul di New York, Amerika Serikat. Pada masa itu bagel sangat populer dan memiliki lubang di bagian tengahnya. Para pemilik toko roti biasanya menggantung kue tersebut saat dipajang. Ide terciptanya donat kabarnya berawal dari situ, agar mudah digantung donat dilubangi tengahnya.

Bagaimanapun awal mula dan sejarah tentang donat, tak dipungkiri kue bolong tengahnya ini sangat pupuler, bahkan sudah menyebar ke seluruh dunia. Kini donat terkenal dan digemari bukan karena bentuknya yang unik saja, tapi donat sudah dikreasikan dengan banyak topping maupun rasa.