Dalam hal kesehatan rambut mencegah rambut rontok, ada baiknya untuk melihat lebih dekat pola makan dan nutrisi Anda melalui pilihan makanan. Rambut dipengaruhi oleh genetika, penuaan, hormon, kekurangan nutrisi, dan faktor lainnya. Agar rambut tetap kuat dan panjang, setiap helai terdiri dari sel-sel yang mengandung keratin, protein keras yang membutuhkan vitamin dan mineral secara teratur.

Vitamin penting, lemak baik, dan protein semuanya harus menjadi bagian dari makanan. Lemak sehat menjaga rambut, kulit, dan kuku tetap terhidrasi. Asupan protein yang cukup diperlukan untuk pertumbuhan rambut karena sebagian besar rambut Anda terdiri dari protein. Anda akan berada di jalur yang benar untuk mendapatkan rambut yang indah jika Anda menggabungkan protein dengan vitamin C dan asam lemak omega-3.

Dilansir KABARI, Dr Archana Batra, Ahli Gizi, Pendidik Diabetes Bersertifikat, dan Fisioterapis memberikan pemahaman tentang bagaimana makanan dapat mengubah rambut dan membuatnya terlihat sehat dan berkilau, tidak rontok

Makanan untuk kesehatan rambut adalah sebagai berikut:

Kenari

Kenari tinggi biotin , vitamin E, omega 6, 3, dan magnesium. Kenaridapat membantu Anda memperkuat kutikula rambut dan menutrisi kulit kepala. Saat Anda memasukkan kenari ke dalam makanan harian, Anda dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi penipisan rambut. Fakta lain yang tidak banyak diketahui adalah bahwa kenari dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut. Jika rambut rusak akibat paparan sinar matahari atau perawatan kimia, makanlah beberapa kenari setiap hari untuk memulihkan kerusakannya.

Ikan salmon

Salah satu sumber asam lemak omega 6 dan 3 terbaik, yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut Anda, adalah ikan berlemak. Karena tubuh tidak dapat menghasilkan lemak sehat jenis ini, maka harus diperoleh dari sumber makanan. Jika mengkonsumsi salmon, dapat membantu Anda menumbuhkan rambut baru jika Anda mengalami penipisan rambut. Selain itu, ikan ini kaya akan vitamin esensial dan antioksidan, menjadikannya makanan sehat untuk pertumbuhan rambut.

Selain itu, salmon dan ikan berlemak lainnya kaya akan vitamin D yang merangsang folikel. Salmon adalah pilihan lezat dan serbaguna yang harus Anda tambahkan ke daftar makanan favorit Anda. Jika Anda tidak makan makanan laut, omega-3 dapat ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji rami

Telur

Telur tinggi protein dan nutrisi penting yang mendukung kesehatan rambut, seperti kolin, zat besi, dan vitamin A, D, dan B12. Telur juga tinggi biotin, vitamin B yang mendorong pertumbuhan rambut. Keratin, sejenis protein, digunakan untuk membuat rambut kita. Akibatnya, itu akan memainkan peran penting dalam tekstur dan pertumbuhan rambut. Kemudian, Vitamin B6 akan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Terakhir, biotin atau vitamin B7 meningkatkan kualitas, kilau, dan ketebalan rambut. Sertakan telur dalam diet Anda untuk mendapatkan semua mikronutrien yang diperlukan.

Sayuran Berdaun Hijau

Ada banyak sayuran yang bisa membantu menjaga keindahan rambut. Sayuran berdaun hijau seperti peterseli dan bayam, serta produk tanaman (kedelai, kacang putih, aprikot, dan buah ara), kaya akan zat besi, yang membantu mencegah kerontokan dan kerusakan rambut. Bayam adalah salah satu sumber zat besi ramah vegan terbaik, nutrisi yang dapat membantu mencegah penipisan rambut.

Selain zat besi, bayam kaya akan folat, serta vitamin A dan C. Sementara kekurangan vitamin C jarang terjadi pada masyarakat saat ini, diperlukan untuk sintesis kolagen dan ikatan silang serat keratin, yang terjadi selama produksi rambut. serat.

Wortel

Wortel tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga baik untuk kulit kepala. Kulit kepala yang sehat menghasilkan rambut yang berkilau dan berkondisi baik yang kuat dan lembap.

Beta-karoten berlimpah dalam wortel dan ketika dikonsumsi, itu berubah menjadi vitamin A. Penting untuk dicatat bahwa semua sel dalam tubuh Anda membutuhkan Vitamin A untuk berfungsi, jadi disarankan agar Anda mengonsumsi Vitamin A dalam jumlah besar dalam tubuh Anda. diet. Kebotakan, penipisan rambut, dan rambut rontok bisa terjadi akibat pola makan yang kekurangan vitamin A.

Sumber foto: townandcountrymag.com