Serangan jantung pada orang di bawah 40 tahun telah meningkat secara dramatis di masa lalu dan faktor-faktor seperti gaya hidup yang tidak banyak bergerak, pilihan makanan yang tidak sehat, paling sering dikaitkan dengan serangan jantung.

 Ada faktor-faktor yang berada di luar kendali kita seperti riwayat keluarga tetapi seseorang selalu dapat mengubah gaya hidup untuk mencegah penyakit jantung dan bahkan penyakit kronis yang dapat berdampak tidak langsung pada jantung. Jika Anda merasa sulit bernapas saat menaiki tangga atau di tengah malam, inilah saatnya untuk melakukan pemeriksaan. Juga bengkak di kaki Anda atau pingsan seperti episode adalah indikator lain dari jantung yang tidak sehat dan tidak boleh diabaikan

Stres dalam gaya hidup modern semakin menjadi faktor risiko serangan jantung dan dengan kemajuan teknologi, orang menjadi kurang aktif dari sebelumnya. Penting untuk tetap aktif sepanjang hari bahkan ketika pekerjaan bersifat menetap. Berjalan kaki sebanyak mungkin, menaiki tangga kapan pun Anda bisa, tidur tepat waktu, makan sehat dan menjauhi tembakau dan alkohol dapat membantu jantung tetap sehat.

Dilansir KABARI dari Healthsite, Vijay Kumar, Director Interventional Cardiology, Fortis Escorts Heart Institute, Okhla, New Delhi berbagi tentang tanda dan gejala jantung sehat yang tidak boleh Anda abaikan.

Kesulitan bernapas saat melakukan aktivitas fisik

Jika Anda memiliki gejala seperti sesak napas atau nyeri di dada, berdebar-debar dengan aktivitas fisik, maka ini menandakan kemungkinan besar terkena penyakit jantung.

Sesak napas di tengah malam

Jika Anda terbangun di malam hari, dan tiba-tiba terjadi sesak napas yang membaik saat duduk, maka ada kemungkinan penyakit jantung.

Bengkak di kaki atau masalah saat menaiki tangga

Jika Anda merasakan sesak napas saat berjalan atau saat menaiki tangga, bengkak di kaki, Anda mungkin mengalami penyakit jantung yang berhubungan dengan penyakit katup jantung atau otot jantung yang lemah.

Sejarah keluarga

Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung keluarga yang kuat atau faktor risiko seperti kolesterol jahat, kadar gula yang buruk, tekanan darah tinggi, maka kemungkinan besar jantung Anda tidak sehat.

Episode pingsan

Jika Anda memiliki gejala pingsan seperti episode maka penyakit jantung harus disingkirkan.

Nyeri dada atau rasa berat

Jika Anda tiba-tiba mengalami nyeri dada yang parah atau rasa berat atau rasa terbakar di bagian tengah dada, menjalar ke rahang/lengan kiri dan rasa tidak nyaman tersebut meningkat seiring dengan waktu, maka ini biasanya mengindikasikan serangan jantung yang berkembang dan konsultasi jantung harus dilakukan.

Kelelahan

Mudah lelah, sesak napas saat beraktivitas sedikit juga harus mengkhawatirkan kemungkinan penyakit jantung.

Sumber foto: healthnewshub.org