Untuk pertama kalinya Tangerang Fashion Parade (TFP) 2022 diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Acara yang berlangsung selama tiga hari, dari 4-6 November 2022 digelar di Mall Teras Kota, Serpong, Kota Tangsel.

TFP 2022 bertajuk Wastra dan Zero-Waste menjadi bukti kesiapan Tangerang sebagai wilayah yang siap mengikuti trend fashion global. Adapun kegiatan yang diadakan oleh TFP 2022 mencakup pemilihan model dari anak-anak hingga dewasa muda, bazaar UMKM untuk kerajinan tangan dan makanan serta fashion show yang diikuti tidak hanya desainer dari Tangerang tapi juga dari wilayah lain di Indonesia.

TFP 2022 dipersembahkan oleh Fascreeya Indonesia dan didukung oleh Pemkot Tangerang Selatan, Bank Indonesia, Teras Kota, Inez Cosmetic, Paris de la Mode Fashion School, Motifs, Wonghang dan Universitas Pamulang.

Sebelumnya terdapat rangkaian kegiatan seperti pemilihan model yang akan tampil di Fashion Show membawakan karya-karya desainer dengan total baju sebanyak 600 look.

Agenda acara yang berlangsung dari hari pertama hingga hari terakhir sangat bervariasi. Di hari pertama akan ada Workshop Fashion Illustration dari Paris de la Mode Fashion School dan Demo Batik oleh Rumah Batik Setu di area Talk Show sedangkan di area Fashion Show akan ditampilkan berbagai karya Wastra Indonesia.

Dihari kedua ada Workshop Ecoprint Indonesia, oleh Asosiasi Ecoprint Indonesia (AEPI) Eceprint PI Banten dan Beauty Class oleh Inez Cosmetic di area Talk Show dan pemilihan model Icon Kids dan Teenager yang kemudian diikuti dengan Fashion Show Wastra Indonesia di area Fashion Show.

Sedangkan di hari terakhir ada Workshop Ecoprint oleh DEKRANASDA dan Workshop Accessories oleh Kharisma Garment / Accessories di area Talk Show dan pemilihan model Icon serta Fashion Show bertema Gown di area Fashion Show.

Arif selaku Ketua TFP mengatakan, “Tema kita kita adalah Zero waste dan Warisan Nusantara atau (Wastra), jadi, para Disainer hampir dari seluruh nusantara di Indonesia semuanya kita Pusatkan di TFP 2022 ini. Untuk para Disainer sekitar 80 Desainer, “terangnya, Jumat (4/11).

Arif menambahkan, untuk event TFP 2022 di Kota Tangsel ini pertama kalinya dengan skala nasional dan bertaraf internasional, karena konsep kita fashion show sudah internasional. Dari apa yang kita pelajari maka kita buatlah event ini semeriah mungkin, sehingga semuanya dapat diminati.

Perwakilan dari Pemkot Tangsel, Heru Sudarmanto, mengatakan, “Kami atas pemerintahan kota Tangsel memberikan apresiasi kepada Panitia Tangerang Fashion Parade 2022 dan kami mewakili Dinas Pariwisata mensupport kegiatan fashion ini. Karena lingkup industri fashion merupakan salah satu dari 17 subsektor UKM yang kami kedepankan untuk menjaga acara ini rutin berlangsung setiap tahunnya. Kami berharap menjadi satu momentum dimana Tangsel jadi dikenal oleh masyarakat harapan sukses untuk tahun ini kedepan dan seterusnya.”

Sementara itu Ketua Umum Fascreeya Indonesia Anaz Maghur menjelaskan, Fascreeya Indonesia merupakan Lembaga nirlaba berfokus pada pengembangan fashion dan kriya di Indonesia dan lembaga tersebut telah memiliki kerjasama MOu dengan Bank Indonesia dari Provinsi Kalimantan Timur yang kedua dari Paris De La Mode Fashion School, Balai Kerajinan dan batik kementerian Perindustrian dan beberapa lembaga di Pemerintahan BUMN.