KabariNews – Meskipun puasa, jangan sampai menghalangi kita untuk tetap tampil segar dan cantik. Dengan waktu tidur yang berkurang dan cuaca yang panas serta berkurangnya asupan cairan, pasti berdampak pada wajah. Tentu juga masalah bau nafas. Karena itu cobalah tips di bawah ini, Bahannya mudah didapat. Tips ini juga dapat diteruskan seusai bulan puasa.

Bibir Kering

Masalah yang sering terjadi saat puasa adalah bibir kering dan pecah-pecah. Cara mudah dengan mengoleskan petroleum jelly sebelum tidur dan dapat juga mengoleskan setiap saat kita merasa bibir mulai mengering. Untuk mengatasi kulit bibir yang terkelupas, buatlah campuran satu sendok teh bubuk gula jawa, satu sendok teh madu dan satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan pada bibir, diamkan sebentar, kemudian gosok perlahan hingga kulit mati mengelupas. Kemudian bersihkan dengan handuk basah. Lakukan 2-3 kali seminggu. Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai pelembab bibir. Ambil beberapa sendok, tuang dalam mangkok dan panaskan dalam microwave atau atas kompor, cukup sampai hangat saja kemudian oleskan di bibir saat merasa kering.

Mata Lelah

Jika ada ketimun di dapur, iris dan ambil dua bagian untuk tempel di mata sekitar 10-15 menit. Lebih bagus jika ketimun didinginkan dulu di dalam lemari es. Setelah itu basuh mata dengan air hangat. Kantung teh green tea juga berguna. Rebus dua kantung teh green tea dalam satu cup air. Kemudian tuang ke dalam cetakan es lalu masukkan freezer. Gunakan es batu itu untuk memijat perlahan bawah mata setiap pagi. Selain itu, juga dapat dengan kentang dan lidah buaya. Caranya kupas kentang, lalu parut. Masukkan parutan kentang ke dalam dua kantong kain, pejamkan mata, letakkan kantung itu di atas mata dan diamkan sekitar 15 menit. Sedangkan untuk lidah buaya, ambil lendirnya, usapkan di bawah mata, diamkan sekitar 5-10 menit lalu bersihkan dengan handuk basah.

Bau Nafas Tak Sedap

Campur satu sendok teh bubuk kayu manis, satu sendok teh baking soda, dua sendok teh madu dan air perasan setengah jeruk lemon ke dalam satu cup air hangat. Masukkan ke dalam jar atau botol, aduk rata. Gunakan sekitar 1-2 sendok teh untuk berkumur. Kumur selama satu menit, lakukan setelah berbuka atau setelah makan sahur. Jika memiliki daun ketumbar, dapat direbus, lalu dinginkan sebentar dan buang daunnya. Air rebusannya dapat digunakan untuk berkumur beberapa kali. Ingin membuat ramuan yang mudah dibawa pergi? Siapkan botol spray kecil ukuran 3oz, masukkan distilled water (air suling), lalu teteskan 2 tetes minyak esensial peppermint, Semprotkan di mulut saat merasa mulut kering dan terasa tak sedap baunya.

Sembelit

Essential oil dapat membantu mengatasi sembelit. Oleskan 2-3 tetes peppermint oil di atas pusar dan dengan gerakan melingkari pusar. Meminum satu sendok teh minyak zaitun dicampur dengan satu sendok teh perasan air jeruk lemon juga sangat membantu. Karena lebih berkhasiat diminum saat perut kosong, maka dapat diminum sebelum makan sahur. Tak ada minyak zaitun, cobalah minum segelas air hangat yang sudah dicampur dengan perasan setengah iris jeruk lemon sebelum tidur dan ulangi minum segelas lagi di saat bangun untuk sahur. Jeruk lemon dapat diganti dengan jeruk nipis. (1004/foto: istimewa)