Dengan kekuatan formasi awal yang telah bertahan selama lebih dari 22 tahun, THE RAIN kembali menghentak panggung musik dengan single terbarunya, “Lagu Kita Berdua.”

Setelah merilis 7 album studio, yaitu Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar, vokal), Ipul Bahri (bass, vokal), dan Aang Anggoro (drum, vokal), tetap konsisten sebagai kekuatan utama dalam grup musik ini. Tahun 2024 terbukti menjadi salah satu tahun paling produktif dalam perjalanan karier The Rain.

Pada awal Januari, hanya beberapa bulan setelah mengeluarkan single “Mengembara” di bawah bendera Heavy Rain Records, label independen milik The Rain, mereka kembali ke studio untuk melanjutkan pengerjaan album ke-8 yang dijadwalkan akan dirilis pada akhir tahun ini.

“Pengerjaannya dilakukan secara bertahap sepanjang tahun ini. Belajar dari pengalaman, kali ini kami lebih memilih untuk membuat album dalam beberapa sesi produksi terpisah. Selama bulan Januari dan Februari ini, kami fokus untuk menggarap tiga lagu baru. Hasilnya lebih maksimal,” ujar Indra, sang vokalis.

Lagu yang diusung sebagai single terbaru The Rain, “Lagu Kita Berdua,” ditulis pada minggu pertama Januari 2024. Lagu ini membawa nuansa pernikahan melalui liriknya dan musikalitas yang khas.

“Temanya sederhana, tentang menyatakan perasaan pada seseorang yang dicintai. Ternyata, setelah kami memperdengarkannya kepada beberapa teman, semuanya menangkap suasana momen pernikahan dalam lagu ini. Hal ini merupakan sesuatu yang positif bagi kami karena sebagian besar single The Rain sebelumnya berkisah tentang kisah sedih. Sekarang kami memiliki lagu pernikahan,” jelas Iwan.

Proses pembuatan lagu ini, mulai dari penulisan hingga proses mastering, berhasil diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat, yakni sekitar 6 minggu.

“Waktu pelaksanaannya sangat mendukung. Pada bulan Januari, jadwal manggung kami biasanya belum terlalu padat, jadi kami mengisinya dengan workshop hingga rekaman lagu baru. Fokus kami lebih terjaga,” ujar Ipul.

Proses mixing lagu ini dilakukan oleh Iwan Tanda sendiri, sementara proses mastering ditangani oleh Stephan Santoso, produser di balik dua hits paling sukses The Rain, yaitu lagu “Terlatih Patah Hati” dan “Gagal Bersembunyi.”

Tidak ketinggalan, video lirik dari single “Lagu Kita Berdua” turut melibatkan para penggemar setia yang akrab disapa dengan sebutan The Rain Keepers.

“Ide ini datang dari publicist kami. Kami mengajak para The Rain Keepers untuk ikut terlibat dalam video lirik ini. Karena temanya adalah lagu pernikahan, kami meminta para penggemar The Rain yang sudah menikah untuk mengirimkan foto momen perjalanan pernikahan mereka bersama pasangan,” ungkap Indra tentang video lirik lagu ini.

“Dalam satu hari, The Rain sudah menerima ratusan foto. Ada yang mengirimkan foto pre-wedding, foto akad nikah, ritual adat, hingga resepsi. Alhamdulillah, antusiasmenya sangat mengharukan. Semoga lagu ini selalu mendapat tempat istimewa di hati para pendengar musik,” tambah Aang.

Sumber foto: Istimewa

Baca Juga: