KabariNews – Putra bangsa kembali mengharumkan Indonesia pada kontes robot internasional. Kali ini Merah Putih berjaya dengan diraihnya juara umum pada kontes robot internasional  di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Atheletic Center, Hartford, Amerika Serikat  yang digelar pada 2-3 April 2016.

Tiga mahasiswa Fakultas Teknologi dari Universitas Sultan Agung ini sukses berlaga di ajang Trinity Collage International Fire Fighting Home Robot Contest. Mereka adalah Agung Faisal Aminuddin, La Ode Muhammad Idris, dan Ahmad Zuhri yang tergabung dalam tim robot Unisulla.

Membanggakan, ketiga mahasiswa berbakat ini mampu tampil unggul dari 80 tim kontestan dari berbagai negara, diantaranya Tiongkok, Israel dan beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Tak sampai disitu saja kebanggan yang ditorehkan putra-putra bangsa itu, karena mereka juga membawa pulang gelar juara umum karena berhasil memborong berbagai juara.

Unissula menampilkan empat robot yang terdiri dari dua robot beroda yang diberi nama Kham I dan Khaum II, dua robot lainnya adalah robot berkaki yang diberi nama Sultan Agung I dan Sultan Agung II.

Seperti dilansir Liputan6, La Ode Muhammad menjelaskan kategori robot yang berhasil dimenangkan timnya, diantaranya kategori tingkat dasar atau junior, tingkat high school juga tingkat mahasiswa dan umum. Robot pemadam api beroda berhasil menjadi juara 1 dan 2 pada kategori senior, kemudian juara 1 dan 2 pada kelas Robot pemadam berkaki. Jauh terbang ke Negeri Paman Sam ternyata tidak sia-sia, Penghargaan robot dengan perfoma terbaik pun tak luput dari genggaman mereka, pada kategori ini Unissula mendapat skor tertinggi pada level 2 dan 3. Wow hebat!

Kesuksesan putra Indonesia menjadi juara umum di ajang internasional tentunya menambah kepercayaan diri bahwa Indonesia mampu berjaya di negara yang menjadi kiblat kemajuan teknologi. Semangat berprestasi harus terus tumbuh dan jangan berhenti berkarya, torehkan nama harum Indonesia di kancah internasional.