KabariNews – Dalam rangka ingin lebih meningkatkan hubungan kerjasama antara antara Los Angeles dan Jakarta, ketua Sister City Jakarta – Los Angeles dan Diaspora California Selatan Matthew Mulyanto dalam kunjungannya ke Jakarta baru-baru ini menyerahkan langsung tanda tangan sertifikat dari Walikota Los Angeles, Eric Garcetti kepada Gubernur Jakarta Basuki Purnama di Kantor Gubernur beberapa minggu lalu.

Menurut Matthew dalam keterangan pers yang diterima KABARI, Kamis , (16/4), Sister City of Los Angeles dan Jakarta telah berkembang selama 25 tahun dan kedua kota besar di dunia ini telah bekerjasama baik di bidang bisnis, sosial dan kebudayaan.

Direncanakan dalam waktu dekat, Sister City of Los Angeles dan Jakarta akan merayakan 25 tahun anniversary dan juga mengadakan peningkatan kerjasama penting melalui kegiatan antara sektor bisnis swasta, pemerintah, pendidikan dan masyarakat di kota Los Angeles. Gubernur Ahok juga mengharapkan akan semakin banyak bisnis sektor di Los Angeles untuk menanam modal dan peningkatan kegiatan kerjasama dengan Jakarta.

Seperti diketahui, Sister City atau kerjasama antar kota ini merupakan konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk.  Kota Paderborn di Jerman dan Le Mans di Prancis disebut-sebut sebagai kerjasama tertua (meski tidak ada data resmi) yang dimulai di tahun 1836.  Perjanjian kota kembar lain di Eropa dan Amerika Serikat banyak mulai terjadi di awal 1900-an, namun baru setelah akhir Perang Dunia kedua, lebih menjamur lagi. Sister City  di Indonesia telah berlangsung di beberapa kota seperti Seattle dengan Surabaya dan Fortworth dengan Bandung, Jawa Barat. (1009)