Tak sekadar sebagai penambah lezat masakan, tomat ternyata juga bisa menjadi obat depresi. Penelitian mengungkapkan, jika Anda merasa sedang muram atau sedih mulailah makan tomat beberapa kali dalam seminggu.

Sebuah studi pernah dilakukan, dimana penelitian melibatkan sejumlah pria dan wanita berusia 70 tahun ke atas yang suka makan tomat minimal dua sampai enam kali seminggu. Penelitian ini menemukan, mereka yang gemar tomat memiliki 46 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi, dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi tomat satu kali seminggu.

Seperti kita tahu, zat merah (lycopene) yang terkandung dalam tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan, hal ini pun dibuktikan oleh tim dari China dan Jepang. Penelitian yang dipimpin Kaijun dari China Tianjin Medical University menyelidiki lebih lanjut tentang kandungan lycopene pada tomat, dan terbukti bahwa lycopene yang mengandung antioksidan di dalam tomat sangat baik untuk kesehatan fisik, begitu juga untuk kesehatan psikologi. Kelebihan inilah yang ternyata tidak banyak diperoleh dari sayuran lainnya seperti kubis, wortel, bawang dan labu.

Tomat yang berwarna merah tua memiliki lycopene yang jauh lebih banyak juga disebut bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko kanker prostat dan serangan jantung.

Tomat dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, bisa dimasak, dimakan mentah, bahkan bisa juga diolah menjadi minuman. Buah ini cukup dikenal karena sangat mudah sekali mendapatkannya, harganya pun cukup terjangkau. Jadi jangan pikir panjang lagi, ayo makan tomat untuk menjaga kesehatan.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?51380

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :