Top 10 Berita

  1. Langkah untuk mengatasi kemacetan di Jakarta terus dilakukan, Dinas Perhubungan DKI berencana akan menerapkan kebijakan pembatasan kendaraan bermotor pribadi melalu jalan berbayar elektronik atau electronic road pircing (ERP). Rencananya ERP akan diterapkan pada Maret 2014 mendatang. Rencana tersebut telah disetujui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dan akan segera diterapkan di Jakarta. Sarana transportasi akan dijadikan sebagai alternatif transportasi publik, untuk itu Dishub DKI berupaya membenahi dan terus mengkaji agar pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar.
  2. Ratusan orang dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menolak pelaksanaan KTT APEC dengan menggelar aksi massa di Makassar, Sulawesi Selatan (6/10). Unjuk rasa yang dilakukan untuk menolak kebijakan perdagangan bebas melalui ASEAN, yang ditandatangani pemerintah Indonesia setiap tahunnya. Mereka menilai kebijakan itu  dapat membuat industri Indonesia kalah saing dengan produk luar negeri. Bahkan HTI memprediksikan jika perjanjian perdagangan bebas dan liberalisasi investasi disepakati melalui APEC maka dapat memperburuk kondisi masyarakat Indonesia.
  3. Tertangkapnya Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Presiden SBY melakukan langkah tegas. Usai bertemu dengan para pimpinan lembaga tinggi negara, SBY resmi memberhentikan sementara Akil Mochtar dari jabatannya sebagai ketua MK terkait penetapan tersangka suap oleh KPK.  “Dengan kewenangan yang saya miliki, saya sudah berhentikan sementara Akil Mochtar dan sesuai mekanisme yang berlaku” tegas SBY.
  4. Seorang pria tidak dikenal membakar dirinya sendiri di depan Gedung Kongres Amerika Serikat. Dalam sepekan kasus ini merupakan kasus kedua yang terjadi di Gedung Kongres. Sebelumnya wanita  bernama Miriam Carey menerobos area Gedung Kongres dengan mobilnya, naasnya wanita 38 tahun itu tewas tertembak petugas saat berusaha melarikan diri. Beruntung pria tak dikenal itu bisa diselamatkan dari kobaran api yang membakar tubuhnya, petugas berusaha membantu memadamkan api dan membawanya ke rumah sakit terdekat. Gedung Kongres memang sedang menjadi perhatian rakyat Amerika, pasalnya di dalam gedung, anggota parlemen sedang memperdebatkan masalah anggaran yang menyebabkan ditutupnya beberapa kantor pemerintahan dan ratusan pegawai negeri di PHK.
  5. Terkait krisis Amerika, Menteri Luar Negeri AS, John Kerry mengatakan bahwa Amerika akan segera keluar dari krisis, bahkan ia memprediksikan masalahnya akan segera selesai dan tidak berkepanjangan.  Kerry menjelaskan bahwa AS akan tetap jadi negara terkuat di dunia dalam bidang militer dan ekonomi. Meski tidak dipungkiri olehnya, krisis terjadi karena keteledoran yang mengakibatkan pemerintah AS lumpuh, namun Kerry menegaskan bahwa citra AS belum berkurang di mata para pemimpin di seluruh dunia, dan solusi atas terpuruknya pemerintah AS akan segera bangkit dalam waktu dekat.
  6. Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, memastikan tidak ada keluhan dari para tamu delegasi peserta KTT APEC 2013 di Nusa Dua Bali. Pengamanan ekstra ketat akan diberlakukan selama putaran KTT APEC 2013 yang akan berlangsung pada 8 Oktober. Kepolisian Indonesia mengerahkan 4.942 personel.
  7. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengundang para CEO APEC untuk berinvestasi di Indonesia saat menyampaikan pidato pembukaan APEC CEO Summit di Nusa Dua, Bali, Minggu. Menurut SBY, APEC telah menjadi salah satu pengerak dalam pertumbuhan dan pemulihan ekonomi global karena perannya yang besar, yakni mencapai 44 persen atas perdagangan dan investasi di dunia dilakukan oleh ekonomi APEC. APEC CEO Summit diselenggarakan oleh APEC Business Advisory Council (ABAC) di Nusa Dua, Bali, pada 6-7 Oktober.
  8. Hampir semua wilayah di Pontianak diselimuti kabut asap. Kabut asap berasal dari kebakaran atau pembakaran lahan. Kondisi  tersebut mengganggu aktivitas masyarakat dan berpotensi menimbulkan gangguan pernapasan. Masyarakat mengandalkan masker apabila kondisi udara mulai memburuk. Endapan debu abu yang terbang terbawa angin bersama asap menempel di pohon-pohon dan pemukiman warga. Belum ada upaya pemerintah untuk menanggulangi masalah ini.
  9. Kerusuhan kembali terjadi di Kota Kairo, Mesir pada Minggu 6 Oktober. Pendukung Ikhwanul Muslimin bentrok dengan pendukung militer dalam perayaan 40 tahun Perang Yom Kippur. Diperkirakan sedikitnya  50 orang tewas dalam bentrokan. Petugas menangkap sekitar 200 pendukung Ikhwanul Muslimin untuk mengendalikan situasi. Kerusuhan dimulai ketika warga berkumpul di Lapangan Tahrir untuk mengikuti perayaan 40 tahun perang Yom Kippur. Perayaan tersebut diikuti pendukung militer dan pendukung Ikhwanul Muslimin. Kondisi memanas ketika pendukung Ikhwanul Muslimin menyebut pemimpin militer Mesir, Jenderal Abdel Fatah al Sisi sebagai pembunuh berdarah dingin. Aksi mereka langsung direspon dengan kekerasan.
  10. Jelang pemilu 2014, para calon legislatif mulai melakukan kampanye untuk ‘mencuri’ hati rakyat. Persaingan ketat antar caleg dapat menimbulkan ketegangan yang bisa menyebabkan stres. Kerap kali stres bisa berakibat fatal, terlebih apabila caleg gagal menjadi wakil rakyat namun sudah mengeluarkan banyak biaya. Mengantisipasi banyak pasien yang stres karena gagal terpilih, Rumah Sakit Penembahan Senopati (RSPS) Bantul bersiap memberikan pelayanan konseling maupun medis. RSPS membuka khusus poli jiwa di bawah penangganan dokter spesialis atau psikiatri. Pelayanan dibuka tujuh hari penuh mulai Senin hingga Sabtu.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59064

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :