logo top 10

  1. Pesta demokrasi atau pemilihan umum tinggal empat bulan lagi. Guna menciptakan pemilu yang jujur dan adil, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DKI menggandeng satu juta relawan.  Rekrutmen relawan melibatkan pelajar dan mahasiswa, dimana nantinya seluruh relawan diharapkan dapat meminimalisir angka golput. Mereka juga bertugas mengawasi jalannya pemilu 2014 mulai dari proses pemungutan suara hingga penghitungan suara. Langkah ini merupakan kerjasama antara Bawaslu DKI beserta tiga universtitas tinggi di Jakarta. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) pada Jumat )13/12) lalu.
  2. Memasuki puncak musim hujan pada Januari 2014, Jakarta tetap dihantui banjir. Menyikapi hal ini Palang Merah Indonesia (PMI) bersiaga menyiapkan ‘pasukan tempur’ termasuk para relawan untuk membantu korban banjir. PMI sebagai lembaga kemanusiaan bertugas mulia membantu pemerintah dalam aksi kemanusiaan. Gladi lapang diikuti oleh 320 peserta dari Tim Sibat, Korps sukarela, tenaga sukarela dan relawan remaja. Berbagai pelatihan seperti keterampilan, pendidikan juga tengah dijalani agar para relawan dapat menjalankan tugas secara profesional.
  3. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapatkan informasi adanya pergerakan teroris menjelang Hari Natal 2013. Demikian diungkapkan Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha. Karena itu, SBY menghimbau kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaannya. Ancaman teror jelang natal pun telah diketahui Mabes Polri. Kapolri Jenderal Sutarman mengaku mendapat informasi adanya ancaman teroris jelang Natal dan Tahun Baru 2014. Kendati demikian, Polri menjamin kemanan bagi masyarakat yang merayakan Natal.  “Ancaman terkait dengan rumah ibadah, sudah kami monitor. Adanya pelaku terorisme ke daerah tertentu, dan pelakunya sudah diikuti. Kita menghimbau agar masyarakat tetap tenang karena Polri akan memberikan rasa aman bagi masyarakat yang menjalankan ibadah Natal dan tahun baru” papar Sutarman.
  4. Mulai tahun ajaran 2013/2014, mata pelajaran Bahasa Inggris akan dihapus dari mata pelajaran sekolah dasar (SD). Tak hanya itu, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) serta Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga dihapus dalam Kurikulum 2013. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, tiga mata pelajaran itu akan digeser menjadi kegiatan ekstrakurikuler, tak lagi menjadi mata pelajaran utama. Meski tiga mata pelajaran ini dialihkan menjadi ekstrakulikuler, peserta didik akan tetap diberi pelajaran Bahasa Inggris dalam metode kreatif, hanya saja mata pelajaran tersebut tidak diujikan dalam ujian terakhir.
  5. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) untuk segera melakukan evaluasi ke seluruh lembaga pemasyarakatan (lapas) di Indonesia. Instruksi itu merupakan reaksi atas insiden kerusuhan yang terjadi di Lapas Kelas 2, Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/12) pukul 08.00 WITA. Seperti diketahui, sekitar 100 narapidana mengamuk di Lapas Kelas 2 Palopo. Mereka membakar sejumlah ruangan/ sel tahanan dan fasilitas lapas. Saat kejadian, mereka juga merampas tujuh senjata air softgun dan pistol gas air mata milik aparat. Saat ini kondisi telah kembali kondusif, dan tengah diselidiki penyebab terjadinya kerusuhan dalam lapas.
  6. Peristiwa penembakan oleh warga sipil Amerika Serikat (AS) kembali terjadi. Seorang remaja di Colorado, AS, menembak dua pelajar dengan sebuah senjata yang dipenuhi oleh amunisi, parang, dan tiga bom molotov.  Pelaku diketahui bernama Karl Pierson yang mengamuk dan mengarahkan sejata yang dibawakanya kepada murid-murid. Insiden ini terjadi pada Jumat waktu setempat. Belum diketahui apa motif penembakan tersebut. Aksi brutal itu melukai dua orang, satu dinyatakan tewas dan satu korban lainnya kritis. Pelaku pun tewas karena bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri.
  7. Ratusan penghulu se-Jawa dan Madura sepakat tidak akan melayani pernikahan warga di luar Kantor Urusan Agama (KUA) dan jam kerja. Kesepakatan ini diambil dalam pertemuan ratusan penghulu di Islamic Center Kabupaten Cirebon (9/12) dan keputusan akan diberlakukan pada 1 Januari 2014. Dalam kesepakatan tersebut, para penghulu juga sepakat mendeklarasikan pembentukan Asosiasi Penghulu Indonesia (API) yang diketuai oleh Wagimun AW. Wagimun mengungkapkan,pihaknya terpaksa mengambil keputusan tersebut, pasalnya tidak ada payung hukum yang melindungi para penghulu, yang bekerja melayani pernikahan di luar KUA dan jam kantor.
  8. Wayang diharapkan jadi opera kelas dunia. Wayang yang telah diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya Indonesia tak benda itu sudah menjadi seni pertunjukan yang feksibel yang memungkinkan dipentaskan dalam ragam intepretasi, seperti penggunaan bahasa lain baik bahasa Indonesia maupun Inggris. Melalui cara tersebut, diharapkan wayang dapat menjangkau lebih banyak khalayak di dalam maupun internasional. Disampaikan Wakil Ketua Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dalam sambutan peluncuran buku ‘Gatra Wayang Indonesia. Gatra menyambut wayang sebagai tuntunan sekaligus tontonan kearena bisa mengisahkan cerita yang berisi pesan moral.
  9. Mulai 2014, penduduk Indonesia tidak lagi diwajibkan melaporkan peristiwa penting dan perubahan status kependudukan. Seperti kelahiran, kematian, status pernikahan dan pindah alamat. Tahun depan, pemerintah yang wajib menghampiri penduduk untuk mencatatkan setiap perubahan status kependudukan. Nantinya, pemerintah melalui petugas yang ditunjuk akan ‘menjemput bola’ untuk mencari tahu dan mencatatkan setiap peristiwa penting terkait kependudukan warga. aktivitas ini juga akan didukung dengan pemberian pelayanan keliling kepada warga.
  10. Film Soekarno baru saja diluncurkan, namun peluncuran film mantan Presiden RI 1 itu berbuntut kisruh. Rachmawati Soekarnoputri selaku ketua Pembina yayasan Pendidikan Soekarno Soekarno menunding produser Ram Jethmal Punjabi dan sutradara Hanung Bramantyo mencuri karya ciptanya.  Kasus pelanggaran hak cipta ini telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Sejak awal pra produksi, putri Bung Karno tersebut kurang setuju. Melalui Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Rachmawati meminta film tersebut tak tayang karena menilai melanggar kontrak perjanjian. Meski menuai konflik, film Soekarno tetap laris ditonton masyarakat.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60515

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :