1. Balai Kota DKI Jakarta kembali terasa bernyawa saat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali aktif bekerja setelah menjalani cuti kampanye Pilkada 2017. Kerumunan warga yang hendak mengadukan berbagai permasalahan yang terkait dengan pemerintahan atau sekadar berswafoto kembali memenuhi pendopo Balai Kota, Senin (13/2/2017). Salah satu warga yang datang mengadu adalah Yuliana. Ia sempat mengadu ke Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada hari pertama kembali bekerja di Balai Kota. Dia bertanya kepada Ahok soal syarat-syarat menjadi penghuni Rusun Marunda.
  2. Sidang ke -10 dugaan penistaan agama oleh terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok digelar pada Senin (13/2/2017). Hanya dua dari empat ahli yang dijadwalkan yang akhirnya memberikan keterangan pada sidang yang digelar di auditorium Kementan, Jl RM Harsono, Jakarta Selatan. Mereka adalah ahli bahasa Mahyuni dan ahli agama Muhammad Amin Suma.
  3. Antasari Azhar bongkar di balik kasus pembunuhan Direktur Utama PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen di Gedung Bareskrim, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/2/2017). Antasari menyatakan ada rekayasa kasus pembunuhan, dan itu melibatkan SBY. Antasari tak takut ada ancaman yang akan datang tertuju kepadanya, setelah menuding keterlibatan mantan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Terutama dalam merekayasa kasus Nasrudin.
  4. Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar menuduh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai sosok di balik kriminalisasi dirinya. Tak terima, SBY pun meradang. Ia menyebut pernyataan Antasari itu terkait pemilihan Gubernur DKI Jakarta, di mana putranya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Sylviana Murni sebagai wakilnya. Melalui akun Twitter @SBYudhoyono, Selasa, 14 Februari 2017, SBY Ia pun mengancam akan melaporkan Antasari. Lebih jauh, SBY bahkan menduga pemberian grasi oleh Presiden Joko Widodo kepada Antasari tak sekadar berlandaskan pertimbangan hukum, melainkan juga politik.
  5. Pada 15 Februari 2017 Pilkada serentak berlangsung di 101 daerah. Ada 7 provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten yang menggelar pesta demokrasi 5 tahunan ini.
  6. Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, 15 Februari ada 3 paslon. Yakni Agus Yudhoyono & Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama &Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan & Sandiaga Uno. Berdasarkan perhitungan cepat dari berbagai lembaga survei, Agus n Sylvi hanya meraup 17 persen suara. Ini berarti paslon Ahok-Djarot dan Anies-Sandi akan bertarung dalam putaran kedua yang berlangsung pada bulan April mendatang.
  7. Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono menerima kekalahan di Pilgub DKI 2017 secara kesatria. Dalam konferensi pers di di Wisma Proklamasi, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2017), Agus menyatakan setelah kekalahan ini, ia punya tujuan selanjutnya. AHY mengajak para pendukungnya dan generasi muda pada umumnya untuk tetap bersemangat mengusahakan yang terbaik dalam hal apa pun. Kaum muda bisa berbuat banyak hal untuk memajukan bangsa.
  8. Siti Aisyah, warga negara Indonesia dituduh membunuh Kim Jong-Nam, yang merupakan saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un. Dari hasil interogasi sementara, Kapolri Jenderal Tito Karnavian melaporkan, tersangka mengaku tidak menyadari bahwa insiden itu merupakan upaya pembunuhan oleh sejumlah agen asing. Selain Siti, hingga kini, polisi telah menangkap tiga orang tersangka lain yang terdiri dari perempuan asal Vietnam bernama Doan Thi Huong, pria asal Malaysia bernama Muhammad Farid Jalaluddin yang belakangan diketahui merupakan kekasih Siti, dan pria asal Korut bernama Ri Jong Chol.
  9. Anies Rasyid Baswedan, Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 mendatangi lokasi banjir di kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Senin (20/2/2017). Sambil menyeruput kopi, cagub DKI Jakarta Anies Baswedan bercengkrama dengan warga korban banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Dia menyoroti normalisasi sungai yang berhenti sejak tiga tahun silam. Anies mengatakan tidak perlu relokasi warga untuk mengatasi banjir di Jakarta. Menurutnya, yang diperlukan tata ulang lingkungan sekitar.
  10. PT Freeport Indonesia telah menghentikan kegiatan produksinya sejak 10 Februari 2017 lalu. Para pekerja tambangnya di Mimika, Papua, yang berjumlah puluhan ribu sudah dirumahkan. Pangkal masalahnya, Freeport membutuhkan kepastian dan stabilitas untuk investasi jangka panjangnya di Tambang Grasberg, Papua. Sedangkan pemerintah menginginkan kendali yang lebih kuat atas kekayaan sumber daya mineral. Pada 10 Februari 2017 lalu, pemerintah telah menyodorkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) kepada Freeport sebagai pengganti Kontrak Karya (KK). Jika tak mau menerima IUPK, Freeport tak bisa mengekspor konsentrat tembaga, kegiatan operasi, dan produksi di Tambang Grasberg pasti terganggu. President dan CEO Freeport McMoRan Inc, Richard C Adkerson, melakukan konferensi pers di Hotel Fairmont, Jakarta,  Senin (20/2/2017) untuk menjelaskan duduk permasalahan. Ia menegaskan, Freeport tak dapat menerima IUPK. Pihaknya dan pemerintah masih punya waktu selama 120 hari sejak 18 Februari 2017 untuk mencari win-win solution. Jika tak tercapai titik temu, Freeport dapat mengambil jalan Arbitrase. (1009)