1. Ribuan buruh berencana akan kembali turun ke jalan pada 16 Januari. Kali ini sekitar 5.000 – 10.000 orang buruh akan dikerahkan dan membawa tiga tuntutan yakni, menolak penangguhan Upah Minimum Provinsi/Kota (UMP/K), menolak kenaikan harga tarif dasar listrik, dan melawan kriminalisasi buruh. Tidak hanya itu saja, pada 6 Februari mendatang, para buruh juga telah mengagendakan akan kembali mendatangi Istana Negara, dan gedung DPR. Aksi ini juga akan mengusung beberapa tuntutan, seperti penerapan jaminan pensiun wajib, jaminan kesehatan seluruh rakyat, upah layak 84 item komponen hidup layak, menolak penangguhan UMP/K dan juga kenaikan tarif dasar listrik. Diperkirakan massa yang akan diturunkan pada awal Februari ini sebanyak 50 ribu. aksi serupa juga akan digelar di beberapa kota besar di indonesia.
  2. Berdasarkan catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebutkan epidemi influenza di AS saat ini mencapai puncak dengan angka kematian mencapai 7,3 persen akibat komplikasi pneumonia dan flu. Tercatat, 9 dari 10 wilayah di AS mengalami peningkatan tersebut, diperkirakan wabah flu tahun ini menyebar keseluruh negara dan akan mencapai level tertinggi di akhir bulan Januari dan Februari.  Epidemi influenza menyebar sangat cepat pada musim ini sehingga beberapa pasien terpaksa menunggu cukup lama untuk bisa mendapatkan perawatan di rumah sakit. Sedangkan flu tersebut juga dapat menimbulkan beberapa penyakit komplikasi seperti, bronkritis, radang paru, dan memperburuk penyakit kronis yang sudah diderita. Flu tercatat sebagai penyebab 10.000 kematian di As, termasuk saat bukan tahun epidemi pada musim flu. Sampai saat ini sudah tercatat 20 anak dilaporkan meninggal dunia akibat flu.
  3. DPR sepakat pelaku kejahatan seksual terhadap anak di hukum mati. Salah satunya politikus dari Demokrat Inggrid Kansil, yang mengecam kekerasan terhadap anak seperti pemerkosaan. Ia menilai kasus tersebut bukan hanya dilihat dari kacamata kekerasan seksual saja namun juga penindasan hak anak dan hak asasi manusia untuk hidup bebas dari rasa takut dan terlindungi. Untuk itu Anggota Komisi VIII DPR ini sepakat dengan wacana hukuman mati bagi pelaku pelecehan seksual terhadap anak.
  4. Pemda Depok mengeluarkan perda yang menerapkan larangan merokok dan membuang sampah sembarangan, berlaku sejak 2 Januari 2013. Aturan tersebut disertai sanksi beruba denda hingga kurungan penjara. Dalam peraturan daerah (Perda) Nomor 16 Tahun 2012, Pemkot Depok menerapkan sanksi denda maksimal Rp 50 juta bagi warga yang terbukti merokok di kawasan tanpa rokok, seperti tempat ibadah, rumah sakit, sekolah, tempat anak bermain, tempat umum, angkutan umum dan tempat kerja.
  5. Roy Suryo diangkat menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. Pengangkatan itu diumumkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat 11 Januari 2013. Roy Suryo telah menjalani uji kelayakan sebelum kemudian diputuskan menggantikan Andi Mallarangeng yang mengundurkan diri karena tersangkut kasus hukum dugaan korupsi beberapa waktu lalu.
  6. Vonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp 250 juta terhadap Angelina Sondakh, terdakwa kasus korupsi di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta kasus korupsi Hambalang menuai banyak protes. Putusan tersebut dianggap melukai hati rakyat. Terhadap putusan hakim tersebut, juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi mengatakan akan melakukan banding. Kata Johan, KPK sedang menyusun memori banding.
  7. Tak ingin kalah dengan raja dangdut indonesia, Rhoma Irama yang menyatakan kesiapannya maju dalam pilpres 2014 mendatang, pengacara Farhat Abas pun telah menyatakan diri sebagai Capres 2014 dengan visi memajukan seni budaya bangsa, meski belum diketahui dari partai apa pengacara muda itu akan maju ke pilpres. Tak tanggung-tanggung Farhat sampai menyiapkan beberapa baliho dengan tulisan ‘Wajib Sumpah Pocong untuk Tak Korupsi dan Tak KKN’ sebagai komitmen pejabat agar tak korupsi. Mampukah Farhat melaju ke kursi nomor satu RI?
  8. Akibat cuaca buruk, banyak nelayan terpaksa berhenti melaut. Kondisi ini membuat suplai komoditas laut di pasaran mengalami gangguan, yaitu kelangkaan ikan laut di pasaran.  Komoditi laut yang mulai sulit ditemui adalah beberapa jenis ikan laut yang selama ini diminati warga, seperti tengiri, tongkol, kakap laut, cumi-cumi dan masih banyak lagi. Kondisi ini memicu kenaikan harga yang menyebabkan harga jualnya melambung tinggi.
  9. Tak hanya nelayan yang dirugikan dengan kondisi cuaca yang ekstrim. Para petani pun terpaksa merelakan lahannya rusak karena membusuk akibat terendam banjir. Ratusan hektar tanaman padi di Ciamis, sudah sepekan terendam banjir. Namun tak ingin terus terpuruk, sebagain petani, mulai mencoba menanami lagi padi di sawahnya, dan berharap banjir tidak lagi datang agar panen sukses dan bisa hasilnya maksimal.
  10. Benda yang diduga bom kembali meresahkan masyarakat. kali ini ledakan terjadi di Makassar, yang menghancurkan anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri di kompleks Bukit Katulistiwa, Makassar. Ledakan tersebut merusak tiga unit mesin ATM, dinding dan kaca pun pecah. Saat ini pihak kepolisian tengah mendalami dan menyelidiki motif  terjadinya ledakan. Polisi pun belum mengetahui jenis bom yang digunakan untuk meledakan ATM, dan masih menunggu hasil penyelidikan.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?51837

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :