1. Pengadilan Negeri Jakarta Utara menggelar persidangan ke-14 dugaan penodaan agama yang melibatkan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Selasa, 14 Maret 2017 di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan.
    Dalam agenda sidang kali ini, kuasa hukum akan menghadirkan sejumlah saksi yang akan meringankan Ahok.  Adapun saksi-saksi yang akan hadir di antaranya seorang ahli hukum pidana dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Edward Omar Sharif Hiariej. Kemudian saksi kedua adalah Juhri, pegawai negeri sipil (PNS) Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Selain itu, kuasa hukum menghadirkan seorang guru dari Sekolah Dasar (SD) Negeri 17 Badau, Tanjung Pandan, Belitung Timur, Ferry Lukmantara. Kemudian, Suyanto, seorang sopir asal Dusun Ganse, Gantong, Belitung Timur, juga turut dihadirkan.
  2. Petani pegunungan Kendang dan beberapa daerah lainnya seperti Rembang, Pati, Gerobokan, dan Blora melakukan aksi cor kaki untuk menuntut ditariknya regulasi peraturan yang dibuat oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tentang izin lingkungan PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Petani yang melakukan aksi demo ini menuntut untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo dengan harapan aspirasi dan keinginannya dikabulkan oleh Presiden. Perlu diketahui, pada bulan Oktober 2016 MA memenangkan gugatan petani pegunungan Kendeng. Kemenangan itu membuat izin lingkungan buatan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dicabut. Namun pada bulan Februari 2017 Ganjar kembali menerbitkan izin lingkungan pendirian pabrik semen PT. Semen Indonesia.
  3. Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi meninggal dunia, Kamis (16/3/2017) pagi. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, akibat sakit yang dideritanya.
  4. Lift yang berisi sejumlah orang di Blok M Square, Jakarta Selatan, terjatuh pada Jumat, 17 Maret 2017. Kapolsek Kebayoran Baru AKBP Teguh Wibowo mengatakan lift terjatuh dari lantai 3 ke lantai ground. Akibatnya, ada 25 korban dalam kejadian itu. Sebagian dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dan sebagian ke Puskesmas Kebayoran Baru.
  5. Partai NasDem resmi mendeklarasikan Ridwan Kamil sebagai kandidat calon gubernur Jawa Barat 2018-2023. Massa NasDem dari berbagai daerah Jabar mengarak Emil, sapaan Ridwan, ke lokasi panggung deklarasi di Monumen Bandung Lautan Api, Tegalega, Kota Bandung, Minggu (19/3/2017). Emil dijemput massa NasDem dan simpatisannya di Pendopo, rumah dinas wali kota Bandung, Jalan Dalem Kaum. Pasukan pembawa bendera Merah Putih dan peserta marching band berada di barisan depan untuk mengawal Emil berjalan kaki menuju lokasi deklarasi. Partai NasDem menggelar deklarasi dukungan terhadap Ridwan Kamil sebagai kandidat calon gubernur (Cagub) Jabar 2018-2023. Pria berkacamata ini secara tegas menyatakan siap merengkuh kursi jabatan Jabar-1. Kegiatan deklarasi Ridwan Kamil Cagub Jabar 2018 berlangsung di Monumen Bandung Lautan Api, Lapangan Tegalega, Kota Bandung. Emil, sapaan Ridwan, didaulat menyampaikan pidato di hadapan Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan massa partai tersebut. Emil mengapresiasi langkah NasDem yang perdana memberikan dukungan kepadanya dalam perhelatan Pilgub Jabar 2018. Meski pesta demokrasi skala Jabar ini dilaksanakan 15 bulan lagi, NasDem secara terang-terangan mengusung penuh Emil. Di atas podium atau panggung deklarasi, Emil menceritakan kiprahnya sepanjang menjabat wali kota Bandung. Dia mengungkapkan sederet ragam prestasi dan penghargaan dari sejumlah pihak kepada Kota Bandung. Dia menegaskan, terobosan dan torehan prestasi yang diperoleh Kota Bandung selama ini merupakan cermin yang dipersiapkannya untuk memimpin Jabar. Maka itu, Emil mengajak kader NasDem dan masyarakat pendukungnya untuk bersama-sama menggulirkan kemenangannya dalam pentas Pilgub Jabar.
  6. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tarif untuk taksi online tidak akan jauh berbeda dengan tarif konvensional. Hal tersebut diatur dalam ketentuan tarif batas bawah dan batas atas sesuai dengan revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016.
    Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto, mengatakan tarif taksi online tersebut akan ditetapkan oleh pemerintah daerah. Nantinya per 1 April 2017, semua kepala daerah sudah mengeluarkan batasan tarif untuk mengatur keberadaan taksi online di wilayahnya, seperti yang selama ini dilakukan terhadap angkot dan moda transportasi umum lainnya. Menurutnya, setelah uji publik rampung, saat ini pembahasan tarif batas atas dan bawah sudah bergulir di kepala daerah. Itu dilakukan lantaran setiap daerah berbeda dalam urusan tarif angkutan.
  7. Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan akhirnya memenuhi panggilan penyidik Kejaksaan Agung sebagai tersangka dalam kasus mobil listrik di gedung Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Surabaya, Senin, 20 Maret 2017. Penyidik hanya memeriksa Dahlan selama satu jam karena ia tidak mau menjawab pertanyaan terkait materi perkara. Kepala Sub-Direktorat Tindak Pidana Korupsi Kejaksaan Agung, Yulianto, mengatakan penyidik mencercah tujuh pertanyaan kepada Dahlan. Pertanyaan itu belum masuk materi perkara. Dahlan, yang keluar dari gedung Kejati Jawa Timur sekitar pukul 15.00, mengatakan Kejaksaan Agung sengaja menggiring kasus mobil listrik dalam masalah pengadaan barang dan jasa.
  8. Pasangan suami-istri pembuat vaksin palsu, Hidayat Taufiqurahman-Rita Agustina, divonis masing-masing 9 dan 8 tahun dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Bekasi, Senin, 20 Maret 2017. Majelis hakim yang diketuai Merper Pandiangan menganggap bahwa keduanya bersalah sehingga Hidayat dihukum 9 tahun dan Rita 8 tahun. Menurut majelis, vonis itu telah sesuai fakta persidangan yang menghadirkan saksi mencapai belasan orang.
    Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa, yakni 12 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider tiga bulan penjara untuk kedua terdakwa. Dalam fakta persidangan, kata hakim, disebutkan bahwa Hifayat dan Rita  memproduksi lima jenis vaksin, yakni pediacel, tropacel, engerik B, tuberculin, dan havrik 720. Adapun  bahan yang dipakai ialah aquades, antitetanus dan lainnya yang dibeli di Pasar Proyek, Bekasi Timur. Keduanya nekat memproduksi vaksi palsu lantaran tergiur dengan keuntungannya karena ajakan terpidana lain, Iin Sulastri dan Safrizal. Bahkan, sampai-sampa merekai nekat keluar dari pekerjaannya sebagai perawat di sebuah rumah sakit swasta.
  9. Mantan Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-Hye memenuhi panggilan jaksa untuk diperiksa terkait skandal korupsi yang menyeretnya. Di depan media yang menunggunya, Park meminta maaf kepada seluruh rakyat Korsel. Pernyataan Park (65) ini merupakan komentar pertamanya kepada publik semenjak dia resmi dimakzulkan pada 10 Maret lalu. Mahkamah Konstitusi Korsel memperkuat hasil voting parlemen pada Desember 2016 lalu yang sepakat memakzulkan Park. Park yang mencetak sejarah sebagai wanita pertama yang menjadi Presiden Korsel ini, juga mencatat rekor sebagai presiden pertama yang dimakzulkan setelah terpilih secara demokratis. Jika tidak dimakzulkan, Park masih harus menjalankan masa jabatannya hingga Februari 2018 mendatang.
  10. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap hanya dua orang yang terjerat dalam kasus dugaan korupsi e-KTP. Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan mantan Direktur Jenderal Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Irman dan mantan ketua panitia lelang Sugiharto sebagai tersangka dalam perkara tersebut. Persidangan keduanya kini tengah berlangsung.
    Tjahjo berharap persidangan kasus e-KTP yang diduga merugikan negara Rp 2,3 triliun dari total proyek senilai Rp 5,84 triliun cepat selesai. Ia mengatakan sebanyak 68 pejabat di Kementerian Dalam Negeri sudah diperiksa oleh penyidik KPK. (1009)