logo top 10

  1. Minggu (11/5) Walikota Surabaya Tri Rismaharini marah besar, lantaran pembagian es krim gratis yang tidak beraturan sehingga merusak tanaman di Taman Bungkul. Tanpa basa-basi Risma membubarkan kerumunan warga yang tengah mengantri es krim gratis yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan es krim Walls. Risma pun mendatangi panitia di lokasi acara, lalu memerintahkan Dinas Pertamanan untuk membubarkan acara tersebut. “Taman Bungkul itu dibangun dengan susah payah agar menjadi tempat rekreasi warga kota, kok dirusak dengan acara bagi-bagi es krim” katanya geram. Sementara pihak penyelenggara bagi-bagi es krim gratis di Taman Bungkul, mengaku akan bertanggung jawab dengan rusaknya tanaman di taman yang diinjak-injak massa.
  2. Monumen Washington berusia 130 tahun dibuka kembali untuk umum pada Senin (12/5) waktu setempat. Setelah tutup selama 33 bulan, akibat diguncang gempa 5,8 skala Richter pada Agustus 2011 lalu. Dilansir ABC news, penutupan selama 3 tahun itu dilakukan karena para insinyur melakukan analisis yang ekstensif. Juga untuk memulihkan kerusakan batu obelisk setinggi 169 meter, yang dulu diklaim sebagai bangunan tertinggi di dunia. Dengan rampungnya renovasi Monumen Washington ini, para pengunjung pun dapat kembali menikmati pemandangan dari titik tertinggi di Washington dengan menaiki lift di dalam monumen. National Park Service akan menawarkan perpanjangan waktu kunjungan pada Selasa 13 Mei hingga musim panas. Monumen akan dibuka mulai pukul 09.00-22.00 setiap hari.
  3. Tahun ini adalah tahun terakhir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri KTT ASEAN. Untuk itu, seraya berpamitan SBY menyempatkan diri untuk berterimakasi dan meminta maaf kepada para pemimpin ASEAN sebelum masa jabatannya berakhir pada Oktober 2014 nanti. “Terimakasih atas seluruh apresiasi yang disampaikan kepada saya. Ini akan menjadi kehadiran saya yang terakhir dalam 10 tahun terakhir. Dan saya telah banyak belajar dari rekan-rekan saya di sini” kata SBY dalam siding pleno KTT ASEAN ke 24 d Ney Pyi Taw, Myanmar (11/5).
  4. Aktivis Greenpeace Indonesia mendesak presiden Indonesia mendatang lebih peduli pada isu-isu lingkungan dalam agenda politiknya. Mereka membentangkan spanduk bertuliskan “Pilih Lingkungan” di patung Selamat Datang Bundaran HI, Jakarta. Bentangan spanduk itu sebagai penanda peluncuran kampanye 100 persen Indonesia. Malalui kampanye 100 persen Indonesia, Greenpeace Indonesia ingin mengajak masyarakat mendesak para kandidat presiden untuk 100 persen berkomitmen terhadap lingkungan Indonesia dan menjalankan komitmennya bila terpilih nanti.
  5. Sebanyak 1000 pemijat atau terapis spa di Bali berhasil memecahkan rekor dunia. Rekor baru ini tercatat berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Thailand. Pemecahan rekor dunia ini melibatkan 1000 terapis spa dari seluruh Bali dengan memijat 1000 wisatawan dari beberapa negara seperti Belgia, Prancis, Malaysia, China, Taiwan, dan warga dari berbagai negara lain. Pijat gratis kepada wisatawan mancanegara ini dilakukan selama 15 menit di pinggir Pantai Sanur menjelang matahari terbenam. Kegiatan ini dicatat sebagai rekor dunia baru versi Museum Rekor Dunia Indonesia. Rekor ini memecahkan rekor kegiatan serupa di Thailand para 2012 lalu yaitu sebanyak 641 terapis yang memijat 641 wisatawan selama 12 menit.
  6. Universitas Trisakti, Senin (12/5) menggelar upacara peringatan 16 tahun tragedi Trisakti di halaman parkir Kampus A Universitas Trisakti, Grogol. Acara tersebut dipimpin oleh Rektor Universitas, Thoby Mutis. Peringatan tersebut untuk mengingat peristiwa penembakan mahasiswa Trisakti oleh aparat keamanan yang menyebabkan tewasnya 4 mahasiswa Trisakti, yaitu Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendriawan Sie. Dalam upacara yang diikuti oleh seluruh Civitas Akademika Usakti dan keluarga korban Tragedi 12 Mei, Thobi menyebutkan bahwa para korban penembakan tragedy 12 Mei merupakan pahlawan, yang telah berjuang untuk Indonesia yang lebih baik. Usai upacara, sekitar 2000 ,mahasiswa bergerak dari kampus Trisakti, Grogol menuju Bundaran HI.
  7. Lagu kebangsaan Indonesia Raya menjadi pembuka acara tahunan Festival Budaya Indonesia (ICF) yang digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia di Inggris cabang Greater Manchester (PPI-GM) kota yang dikenal dengan klub sepakbola Manhester United. Festival yang mengusung tema ‘menyatukan keberagaman’ ini. Bertujuan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia ke mata dunia.
  8. Indonesia disepakati akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum wisata syariah dunia, The 1st OIC International Furum on Islamic Tourism pada 2-3 Juni 2014 mendatang. Program ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan para Menteri Pariwisata negara anggota OKI di Banjul, Gambira pada 6 Desember 2013 lalu. Forum internasional Wisata Syariah itu juga menjadi ajang untuk mengatasnamakan wisata syariah dalam mendukung pembangunan pariwisata global. Potensi bisnis yang terdapat dalam produksi wisata syariah sekaligus meningkatkan kerjasama antara negara anggota OKI khususnya dalam pengembangan wisata syariah.
  9. Sekolah tidak diperkenankan memungut uang apa pun kepada siswa atas nama buku Kurikulum 2013 pada tahun ajaran Juli mendatang. Buku Kurikulum baru sepenuhnya gratis karena dibiayai dengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Menteri pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, menegaskan tidak boleh ada pungutan apa pun terkait pengadaan buku kurikulum baru di sekolah-sekolah, termasuk jika ada sekolah yang mengatasnamakan pungutan untuk biaya transportasi. Kemendikbud telah mengumpulkan seluruh dinas pendidikan untuk menegaskan bahwa dinas juga tidak diperkenankan memberi instruksi pungutan buku kepada kepala sekolah. “Kami beritahukan kepada public bahwa itu gratis. Sepeser pun tidak dibenarkan ada pungutan buku, termasuk pungutan transportasi tidak boleh” tegas Nuh.
  10. Batik semakin terkenal di Afrika sejak Nelson Mandela suka mengenakan batik. Karena itu, dalam waktu dekat ini Pemerintah Kota Bandung akan membuka toko khusus batik di Tanzania, Afrika dan Singapura. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, rencana untuk membuka toko batik di Afrika dilakukan setelah dirinya bertemu dengan para pemimpin negara Afrika saat melakukan lawatan di Korea. Rencana tersebut akan segera direalisasikan pada akhir 2014.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?66003

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :