Top 10 Berita

  1. Jelang Pemilu 2014, persaingan dari tingkat daerah sampai tingkat pusat mulai bermunculan, terbukti dengan banyaknya poster, iklan, bahkan spanduk bergambarkan wajah calon legislatif sampai calon presiden terpasang di jalan-jalan. Persaingat ketat pun semakin ketat, bagi mereka yang tak siap bersaing sehat, karena cara lain pun ditempuh termasuk mendatangi paranormal agar lolos menjadi  pemenang. Tak sedikit caleg mempercayai kekutan gaib yang dianggap bisa membantu. Bahkan tradisi pesan paranormal jelang pemilu. Melibatkan paranormal dianggap menjadi jalan pintas mencari kemenangan.
  2. Buruh kembali berdemontrasi. Ribuan orang mendatangi gedung DPR/MPR (21/10) untuk menuntut kenaikan upah dan menuntut Panja (panitia kerja) DPR bekerja lebih baik lagi.  Tuntutan lain yang disuarakan adalah kenaikan upah sebesar 50 persen hingga Rp 3,5 juta untuk Jakarta, hapus outsourcing termasuk di BUMN, ratifikasi konvensi ILO no 189 tentang UU Pekerja Rumah Tangga (PRT).
  3. Meski sudah setahun ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi megaproyek pusat olahraga Hambalang, Bogor, Jawa Barat, namun mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng baru ditahan oleh KPK (16/10).  Andi dijerat Undang-undang nomor 21 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
  4. Situs Kerajaan Majapahit di Trowulan, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur  akan didaftarkan sebagai salah satu situs sejarah warisan dunia ke UNESCO. Pendaftaran tersebut dianggap penting bagi Pemprov Jawa Timur, pasalnya Majapahit merupakan kerajaan yang pertama kalinya mempersatukan berbagai keragaman budaya di tanah air dan juga merupakan landasan terbentuknya NKRI. Untuk itu dalam waktu dekat ini Pemprov Jatim akan segera mendaftarkannya sebagai situs dunia.
  5. Sebanyak 422 warga Kabupaten Lebak, Banten, digigit ulat berbisa jenis ular tanah hingga dirujuk ke puskesmas dan rumah sakit. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, 422 warga yang digigit ular terjadi sejak Januari-Juni 2013. Meningkatnya gigitan ular pada musim hujan karena banyak warga yang membuka ladang di hutan. Khususnya mereka yang tidak menggunakan perlengkapan keselamatan seperti sepatu karet. Sebelumnya, sepanjang 2012, kasus gigitan ular berbisa tertinggi di wilayah Banten mencapai 599 kasus. Warga pun diminta mewaspadai gigitan ular dan memakai sepatu karet untuk mencegah gigitan ular berbisa.
  6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meluncurkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Sukabumi. Program ini bertujuan untuk memperkokoh gerakan nasional sadar memiliki BPJS. Pembukaan disertai dengan penyerahan 2 unit ambulans dari Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan kepada RSUD Seroang dan RSUD Garut. SBY juga sempat menyerahkan Kartu Peserta BPJS kepada perwakilan penerima. Selain itu Presiden juga melakukan dialog dengan masyarakat yang pernah dan sedang menggunakan jaminan kesehatan seperti Askes untuk menindaklanjuti seberapa efektif program sebelumnya berjalan.
  7. Kinerja Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wagubnya Basuki Tjahja Purnama dalam setahun masa jabatannya mendapat banyak apresiasi. Gubernur fenomenal itu tidak hanya membuat wacana besar, tapi berhasil merealisasikannya meski semuanya belum selesai. Aksi kongkret yang dilakukannya cukup cekatan, seperti dimulainya kontruksi proyek monorel, normalisasi waduk dan penertiban pedagang kaki lima di pasar Tanah Abang. Bukti lain yang patut diapresiasi dalam memerangi korupsi dan komitmen untuk reformasi birokrasi di DKI ditunjukkan dengan ‘lelang jabatan’,  seperti lurah, dimana hal ini belum pernah terjadi di Indonesia. Peluncuran Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) juga banyak diapresiasi meski semuanya belum tuntas. Namun dalam 1 tahun masa kerja, hal ini dianggap sudah berjalan.
  8. Usulan pembentukan Provinsi Pulau Sum­bawa segera ditetapkan DPR, berbarengan dengan usulan 65 provinsi dan kabupaten/kota baru, termasuk Kabupaten Lombok Selatan. Penetapan usulan akan dilakukan dalam sidang paripurna yang diagendakan 25 Oktober 2013.  Sebelumnya pada 4 Januari 2013 lalu, Gubernur NTB, TGH M Zainul Madji telah menandatangai usulan pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa, setelah semua dokumen administrasi pendukung dinyatakan lengkap, termasuk dukungan anggaran dan aset. Dengan ditandatangani berkas usulan tersebut, Pemerintah Provinsi NTB sebagai provinsi induk secara resemi mengajukan usulan pembentukan provinsi baru.
  9. Pemerintah DKI Jakarta Segera akan menerapkan sanksi tegas bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Bahkan bukan hanya masyarakat secara individu, tetapi perusahaan yang bandel pun akan dikenakan sanksi jika melanggar. Kepala Dinas Kebersihan DKI Uni Nurdin menegaskan sanksi sebesar Rp 100.000 – Rp 500.000 akan dikenakan pada individu yang kedapatan melanggar. Dan denda sebesar Rp 10 – 50 juta akan dikenakan pada perusahaan yang tidak mentaati peraturan. Sanksi ini berdasarkan Perda Nomor 3 Tahun 2013 yang diundangkan pada 20 Juni lalu dan Perda Nomor 7 Tahun 2008 tentang Ketertiban Umum yang sanksinya berupa pidana. Meski telah diatur, penerapan baru akan dilakukan jelang akhir tahun.
  10. Indonesia mengirimkan wakilnya Puteri Indonesia 2013 Whulandary Herman untuk melaju di ajang Miss Universe 2013 yang akan digelar di Moskow pada 9 November mendatang. Tidak ingin mengecewakan Indonesia, berbagai persiapan pun telah dilakukan, termasuk belajar bahasa dan menjaga kesehatan serta kondisi tubuh agar bisa bersaing dengan perempuan muda sedunia.  “Ajang Miss Universe tentu akan membawa nama Indonesia ke dunia internasional, untuk itu saya akan melakukan yang berbaik untuk Indonesia,” papar Whulandary.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59389

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :