1. Pesawat jenis PA31 Piper Navajo Chief Tain yang dikabarkan hilang sejak Jumat (24/8) akhirnya ditemukan dalam kondisi hancur dan terbakar di lereng Gunung Mayang Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, Brigadir Jenderal Rusli Nasution kepada wartawan, Minggu malam mengatakan pesawat milik PT Intan Perkasa yang dicarter oleh Elliot Geophysics untuk melakukan survei di salah satu kawasan tambang batu bara di area Bontang itu ditemukan pertama kali oleh dua personil Brimob dan seorang anggota Basarnas pada Minggu sore sekitar pukul 17. 25 Wita.
  2. Neil Armstrong, astronot Amerika Serikat (AS) yang pertama kali menginjakkan kaki di Bulan, meninggal dunia pada usia 82 tahun. Dalam pernyataan yang dimuat di laman resmi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), keluarga Armstrong menyatakan, “Neil Armstrong meninggal dunia setelah mengalami komplikasi akibat prosedur operasi jantung.” Pria yang membawa langkah raksasa umat manusia saat menapakkan kaki di permukaan Bulan pada 20 Juli tahun 1969 itu meninggal dunia 20 hari setelah peringatan ulang tahunnya pada 5 Agustus lalu.
  3. Presiden SBY, Senin (27/8) pagi secara mendadak mengumpulkan para menteri dan kepala lembaga yang terkait dengan politik, hukum, dan ham di Kantor Presiden untuk menerima laporan langsung terkait peristiwa bentrok antara kelompok Syiah dan anti-Syiah di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kec Omben, sekitar pukul 11.00 WIB. Rapat terbatas itu juga dimaksudkan untuk menentukan langkah yang harus dilakukan pemerintah. Presiden mengatakan, bentrokan yang terjadi di Sampang, Madura bukan kali pertama terjadi.  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencatat setidaknya ada tiga kali bentrok di tempat yang sama. “Sudah dua tahun, dua kali dan sebelumnya pernah sekali,” katanya . Ia kemudian meminta agar jajaran pemerintah baik pemerintah pusat ataupun daerah bertindak cepat dan tepat untuk mengatasi persoalan tersebut. Presiden SBY mengatakan, pasca-bentrok yang terjadi, pemerintah sudah melakukan langkah-langkah cepat. Ia sudah berbicara langsung dengan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo untuk segera menangani persoalan tersebut.
  4. Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana meminta maaf kepada para advokat bersih soal pernyataan di Twitter. Denny menyesali pernyataannya bahwa ada oknum advokat yang ‘maju tak gentar membela yang bayar’. Sebab kicauan itu telah menimbulkan kesalahpahaman, khususnya di kalangan profesi advokat. Denny mengatakan, beberapa advokat bersih tidak membaca utuh Twitter dan penjelasannya. Ia tegaskan dirinya menghormati profesi advokat, dan sama sekali tidak ada niat menghina. Ia juga meminta agar profesi advokat dapat dibersihkan dari oknum yang membela kasus korupsi dengan tidak berpijak pada etika profesi sama sekali.
  5. Penanganan pascabencana banjir bandang melanda delapan desa di Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, yang terjadi pada Sabtu malam lalu, masih terus dilakukan. Posko tanggap darurat telah didirikan. Tim TRC BNPB, BPBD Provinsi, dan BPBD Kabupaten telah turun ke lokasi untuk melakukan pendataan. Bupati setempat telah meninjau lokasi bencana. Ia menetapkan status keadaan darurat dari 26 Agustus sampai 9 September 2012.
  6. Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, meletus, Minggu (26/8) malam. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun telah meningkatkan status letusan dari waspada, menjadi siaga. Gunung Berapi Soputan meletus pada pukul 07.30 WITA. Semburan lahar panas dan debu dari gunung berapi ini mencapai seribu meter. Sementara letusan kedua terjadi pukul 22 .00 WITA dengan semburan asap setinggi 1.500 meter, dan pijaran lahar panas mengalir ke arah barat gunung. Untuk antisipasi warga yang berada di lereng gunung diminta waspada dan tidak melakukan aktivitas di zona bahaya yang telah ditentukan yakni 6,5 kilometer.
  7. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta masyarakat dan wisatawan tidak mendekati kawah gunung Tangkubanperahu, Bandung, Jawa Barat dalam radius 1,5 Km dari kawah aktif. Peringatan ini dikeluarkan terkait dengan ditingkatkannya status gunung Tangkubanperahu  terhitung sejak 23 Agustus lalu status kegiatan gunung Tangkubanperahu dinaikan menjadi waspada (Level II) dari sebelumnya normal (Level I).
  8. Untuk tekan urbanisasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bangun 246 desa produktif di 33 provinsi tahun ini. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi A. Muhaimin Iskandar mengungkapkan, tujuan pembangunan desa produktif tersebut untuk menciptakan kesempatan kerja baru dan penyerapan tenaga kerja di kawasan pedesaan sehingga dapat mencegah terjadinya urbanisasi dari desa ke kota. Program ini dilakukan, lanjutnya, bersinergi dengan pemerintah daerah di 33 provinsi serta ber koordinasi dengan 7 kementrian, perusahaan BUMN dan perbankan.
  9. Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan disahkan melalui sidang paripurna DPR pada 30 Agustus mendatang. Perkembangan dalam pembahasan tim perumus, fraksi-fraksi di DPR sepakat menambahkan syarat baru bagi calon Gubernur DIY, yakni tidak terdaftar sebagai anggota partai politik. Namun ada salah satu syarat yang harus dijalani calon Gubernur DIY yaitu tidak boleh terdaftar pada parpol mana pun. Penambahan pasal itu didapat dalam rapat pembahasan tim perumusan RUU Keistimewaan DIY yang dimulai sejak Kamis (23/8). Penambahan pasal tersebut akan dilaporkan ke Panja RUU Keistimewaan DIY setelah disepakati seluruh fraksi Timsus.
  10. Menjelang pemilihan Presiden Amerika Serikat, film dokumenter anti-Obama 2016 ‘Obama’s America ‘ laris manis di Amerika. Bahkan menurut berita yang dilansir Wall Street Jurnal (27/8) film tersebut berhasil mencapai 10 besar box office Amerika Utara.  Film ini diadaptasi dari buku karya Dinesh D’Souza yang berjudul ‘Obama’s America dan The Roots of Obama’s Rage’ sempat menempati posisi kedelapan dengan pemasukan US$ 9,2 juta atau sekitar Rp 87,4 miliar sejak bulan Juli lalu.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?48416

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :