1. Kartu Diaspora resmi diluncurkan pada 21 Agustus 2017. Bertepatan dengan HUT ke 72 tahun, Kementerian Luar Negeri meluncurkan program Kartu Diaspora bagi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri. Kartu Diaspora atau Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) diluncurkan langsung oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. Dalam pidatonya Retno mengatakan Kartu Diaspora adalah salah satu bukti Kemlu yang akhirnya teralisasi. Kartu Diaspora berfungsi untuk mendata dan mengetahui berapa jumlah diaspora Indonesia. Dengan diluncurkannya Kartu Diaspora, Menlu Retno berharap para diaspora Indonesia di luar negeri dapat bersatu dan turut membangun negeri.
  2. Polemik wacana pembekuan Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi isu hangat di Tanah Air. Wacana pembekuan KPK diusulkan oleh Henry Yosodinigrat melalui panitia khusus hak angket DPR, yang diambil berdasarkan 11 temuan pansus hak angket KPK. Dalam temuan tersebut, KPK dinilai telah melakukan penindasan, pemerasan dan kesewenang-wenangan yang tidak menjaga nama baik dan kewibawaan lembaga negara. Kendati begitu, wacana pembekuan KPK menuai penolakan dari berbagai tokoh-tokoh politik. Penolakan tersebut didasarkan atas persepsi bahwa kinerja KPK masih sangat dibutuhkan dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Bahkan sebagian pihak menganggap, pembekuan KPK sama saja dengan membiarkan para koruptor merajalela. Presiden Joko Widodo pun dengan tegas mengatakan tidak akan membiarkan adanya pelemahan KPK, karena itu Presiden mengajak semua kalangan untuk bersama menjaga KPK. “Perlu saya tegaskan bahwa saya tidak akan membiarkan KPK diperlemah. Tentu kita harus bersama-sama menjaga KPK” tegas Presiden.
  3. Empat mahasiswa Indonesia Universitas Indonesia mendapat penghargaan dari UNESCO atas prestasinya memenangkan kompetisi video tingkat dunia. Mereka yang berhasil mengharumkan nama Indonesia adalah Anggi Nurqonita, Bimo Arif Wicaksana, Fitri Aulia Ikhasani dan Irene Angela. Keempat mahasiswa berhasil memenangkan kompetisi video “2017 UNESCO Youth Multimedia Contest” Untuk kategori Usia 20-24 tahun yang diselenggarakan oleh organisasi U.S. Federation of UNESCO Clubs and Assosiation yang mencakup pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan di bawah naungan PBB. Kompetisi diikuti 74 negara yang menyuarakan pendapat mereka dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dunia, kali ini mengangkat isu mengenai pengungsi dan solusi yang diperlukan lewat penggarapan video pendek. Melalui video pendek berdurasi lima menit yang diberi judul “Alternative-to-Detention Where Youth and Children Refugees Can Still Dream High” Anggi dan kawan-kawan berhasil membawa pulang penghargaan bergengsi dari UNESCO.
  4. Kondisi kesehatan Ketua DPR RI Setya Novanto dikabarkan menurun usai ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus proyek e-KTP. Hal ini ditengarai saat KPK melayangkan panggilan pertama, Setya Novanto tidak hadir dengan alasan vertigo, menyusul panggilan kedua Setya juga tidak hadir karena bermasalah dengan jantung dan harus menjalani operasi kateterisasi. Melihat kondisi kesehatan Setya, banyak pihak menyarankan agar jabatan Ketua DPR. Tim penyidik KPK mengaku telah menerima surat dari istri Setya Novanto, Deisti Astiana Tagor. Dalam surat tersebut berisi keterangan tidak hadir suaminya karena sakit jantung. Sejak awal September Setya Novanto dirawat di RS Premier, Jatinegara untuk menjalani sejumlah pemeriksaan terkait penyakit yang dideritanya.
  5. Program gerakan nontunai (GNTT) mulai diberlakukan. Tahun ini pemerintah mewajibkan seluruh pengguna jalan tol di Indonesia melakukan transaksi secara non tunai. Peraturan tersebut akan berlaku serentak pada Oktober 2017. Dalam program ini pemerintah ingin menjadikan semua gerbang tol menjadi gerbang tol otomatis. Seiring kebijakan ini, para pengguna jalan tol diwajibkan menggunakan kartu uang elektronik atau e-money. Elektronifikasi jalan tol merupakan kerja sama Bank Indonesia dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) guna menciptakan layanan yang aman, cepat dan aman.
  6. Penyalahgunaan obat paracetamol caffeine carisprodol atau dikenal PCC meresahkan masyarakat Kendari, Sulawesi Tenggara. Akibat mengkonsumsi pil puluhan remaja mengalami kejang-kejang hingga halusinasi, bahkan 1 orang dilaporkan tewas setelah menenggak pil PCC. Diberitakan para korban penyalahgunaan PCC mengalami gangguan mental, hilang kesadaran, berontak dan kepanasan. Sehingga korban harus dirawat dengan tangan dan kaki terikat, ada pula yang dimasukkan sel rumah sakit jiwa. Dari temuan kasus tersebut lima orang oknum sudah ditangkap terkait kasus ini. Dari penangkapan disita ribuan butir pil PCC. Obat racikan ini dikabarkan sudah beredar luas.
  7. Terjadi aksi pengepungan oleh ratusan massa di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) yang berakhir bentrok. Massa yang mengatasnamakan beberapa organisasi kemasyarakatan, mengepung gedung LBH di Menteng Jakarta, terkait dengan adanya isu kegiatan simpatisan PKI. Massa menuntut pembubaran acara yang dinilai pro-PKI. Situasi tegang sempat menyelimuti kawasan kantor YLBHI, aksi bentrok pun tak terelakkan, polisi mencoba mendorong massa untuk mundur. 5 polisi terluka akibat terkena lemparan batu, beberapa unik kendaraan pun ikut menjadi sasaran para pendemo. Polda Metro Jaya menetapkan 7 orang sebagai tersangka yang diduga menjadi provokator aksi pengepungan di kantor LBH, dari temuan polisi ke 7 tersangka tidak tergabung dalam organisasi masyarakat manapun. Menanggapi aksi pengepungan di kantor LBH, Polisi tengah mengusut penyebar isu hoax soal PKI yang menyebabkan massa menyerbu Gedung YLBHI. Penyebaran isu bohong itu menggunakan jaringan internet dan media sosial yang bisa dilacak. Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, alasan massa datang ke YLBHI masih diselidiki, namun tidak menutup kemungkinan massa terprovokasi isu hoax.
  8. Untuk alasan kemanusiaan Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan untuk konflik di Rakhine State, Myanmar. Bantuan kemanusiaan dikirimkan untuk pengungsi etnis Rohingya di perbatasan Bangladesh-Myanmar. Sampai saat ini, Indonesia telah memberikan bantuan berupa empat sekolah di komunitas muslim dan Budha di Negara Bagian Rakhine yang diresmikan pada 2014, puluhan kontainer berisi makanan dan pakaian yang diresmikan Presiden Joko Widodo sejak 2016 lalu, serta dua sekolah di Sittwe, Rakhine yang diremikan pada januari 2017. Pemerintah juga akan membangun sebuah rumah sakit di Rakhine, yang diharapkan proses pembangunan bisa mulai Oktober mendatang.
  9. Refleksi tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pemerintah siap menggelar ‘Rembuh Nasional 2017’ untuk menelaah 12 bidang terkait pembangunan dan berbagai masalah nasional yang dihadapi pemerintah Jokowi-JK selama tiga tahun ini. Rembuk nasional ke-III akan digelar pada 25 Oktober mendatang, berbeda dengan Rembuk Nasional sebelumnya, acara kali ini akan dilangsungkan dalam dua tahap yakni Rembuk Daerah dan Rembuk Pusat. Rembuk Daerah akan digelar di 16 perguruan tinggi diseluruh Indonesia. Hasil Rembuk Nasional nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat secara terbuka sehingga semua lapisan masyarakat dapat memahami peningkatan yang terjadi Indonesia dan apakah ada perubahan dari tahun-tahun sebelumnya.
  10. Enam desainer Indonesia turut membuka pagelaran New York Fashion Week 2017 di kota pusat fashion dunia New York. Barli Asmara, Dian pelangi, Farah Shahab dan Riza Assegaf, Melia Wijaya dan Vivi Zubedi merupakan nama-nama desainer kenamaan Indonesia yang membawa nama Indonesia melenggang di NYFW. Mengusung tema ‘Indonesia Deversity’, keenam desainer berkolaborasi dengan mengeluarkan keunikan rancangan masing-masing. Keahlian para desainer ini mendapat sambutan hangat dalam peragaan busana NYFW untuk musim semi dan musim panas 2018.