Melanjutkan tradisi tahun-tahun sebelumnya, sejumlah negara kembali merilis perangko edisi khusus untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Bertepatan dengan Tahun Zodiak Babi kali ini, perangko-perangko tersebut menampilkan babi dalam beragam desain dan kekhasan masing-masing negara.

Filipina 1994 (dok. PHLPost)
Hong Kong 2019 (dok. Hongkong Post)

Kemunculan perangko dengan gambar babi pada peringatan Tahun Baru Imlek memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada awal tahun 1970, Korea Selatan menjadi pelopor dalam penerbitan perangko dengan tema tersebut. Melalui Korea Post, pemerintah Korsel mengeluarkan 2 perangko bergambar babi untuk menyambut Tahun Zodiak Babi pada tahun 1971. Salah satu dari perangko tersebut menampilkan sebuah patung babi yang terbuat dari tanah liat dengan warna latar hijau. Pada tahun yang sama, Jepang turut mendesain perangko serupa dengan nominal 7 Yen.

Indonesia 2019 (dok. PT Post Indonesia)
Kanada 2019 (dok. Canada Post)

Dua puluh tiga tahun kemudian, pemerintah Filipina menyusul dengan mengeluarkan perangko Tahun Zodiak Babi untuk pertama kalinya. Perangko tersebut menampilkan gambar babi tanah liat yang mengenakan pita merah muda dan beberapa babi kartun. Dalam kurun waktu yang hampir sama, Korea Utara dan Vietnam juga turut merilis perangko bertema babi untuk pertama kalinya.

Kirgizstan 2019 (dok. Kyrgyz Express Post)
Korea Selatan 1970 (dok. Korea Post)

Sementara itu, pemerintah Indonesia juga merilis perangko spesial edisi Imlek. Kali ini, perangko tematik tersebut menampilkan sebuah artefak peninggalan sejarah Nusantara yang berwujud babi. PT. Pos Indonesia (Persero) sendiri telah secara rutin menerbitkan perangko dengan edisi shio sejak tahun 2007.

This image has an empty alt attribute; its file name is Perancis-2019-dok.-La-Poste.jpg
Perancis 2019 (dok. La Poste)
This image has an empty alt attribute; its file name is Perserikatan-Bangsa-Bangsa-2019-dok.-UNPA.jpg
Perserikatan Bangsa-Bangsa 2019 (dok. UNPA)

Di samping negara-negara Asia, negara-negara Barat seperti Amerika Serikat, Prancis, Australia dan beberapa negara di Afrika dan Amerika Latin juga turut berpartisipasi dalam meluncurkan perangko edisi khusus tersebut. Hal ini menunjukkan kepopuleran budaya zodiak Tiongkok di seluruh penjuru dunia. Tiongkok sendiri mulai mengeluarkan perangko zodiak sejak tahun 1980.

This image has an empty alt attribute; its file name is Korea-Utara-1995-dok.-Korean-Post.jpg
Korea Utara 1995 (dok. Korean Post)
This image has an empty alt attribute; its file name is Tiongkok-2019-dok.-China-Post.jpg
Tiongkok 2019 (dok. China Post)
This image has an empty alt attribute; its file name is Slovenia-2019-dok.-Post-of-Slovenia-1024x726.jpg
Slovenia 2019 (dok. Post of Slovenia)

Selain negara-negara, sederet institusi internasional juga turut memeriahkan tren tersebut. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), misalnya, melalui badan khususnya yang bernama UNPA juga mengeluarkan perangko serupa tahun ini. Perangkat filateli tersebut dirilis dalam bentuk lembaran yang berisi 10 perangko dengan nominal US$ 1,15. Ini menandakan ke-10 kalinya PBB telah menerbitkan perangko dengan tema Tahun Baru Imlek. Perangko PBB kali ini didesain secara khusus oleh Wu Shining, seorang seniman yang telah mendesain banyak perangko keluaran China Post. Selain di laman UNPA, perangko tersebut juga tersedia di toko perangko UNPA New York (AS), Jenewa (Swiss), dan Wina (Austria).