KabariNews – Presiden Donald Trump berjanji akan mempertahankan perlindungan asuransi bagi orang dengan pre-existing condition. Presiden Donald Trump hari Minggu menjamin orang-orang Republikan bahwa proposal terkini untuk menggantikan Affordable Care Act akan terus memberi perlindungan orang yang memiliki pre-existing condition, walaupun dia tidak memerinci bentuk dari perlindungan-perlindungan tersebut.

Republikan telah mencoba merumuskan undang-undang kesehatan untuk disepakati. Ketua DPR Amerika Paul D. Ryan, R-Wisconsin, setuju untuk mendukung amandemen yang akan membolehkan state untuk mengizinkan kembali perusahaan asuransi untuk menolak perlindungan terhadap orang-orang yang memiliki pre-existing condition, asalkan state tersebut membentuk “high-risk pool” (kumpulan dana beresiko tinggi) yang akan memberi perlindungan kepada orang-orang yang kesehatannya buruk yang tidak bisa mendapatkan asuransi biasa. Orang-orang demokrat dan banyak dari orang-orang republikan berpendapat bahwa perusahaan asuransi di semua state harus tetap diharuskan melindungi orang-orang dengan pre-existing condition. Usulan ini disukai banyak orang, dan sebelumnya banyak orang-orang republikan yang berjanji akan meneruskannya.

Dalam wawancara di acara “Face the Nation” yang disiarkan CBS News Minggu pagi, Trump mengatakan “rancangan undang-undang ini telah ada kemajuannya” dalam beberapa minggu terakhir dan akan “dengan elok” melindungi orang-orang yang punya kondisi medis yang sudah ada. Trump menekankan pada proposal untuk membentuk “high-risk pool”, yang bisa membantu menurunkan harga asuransi untuk orang-orang yang sehat. Namun dia juga berkali-kali mengatakan bahwa undang-undang ini akan mencakup “pre-existing” (kondisi medis yang sudah ada saat mengajukan asuransi), yang nampak seperti kepanjangan dari mandat yang sekarang.

Pre-existing akan tertulis di undang-undang tersebut, dan kami juga akan membuat pool (kumpulan dana), yang akan menanggung yang pre-existing, kata Trump. Belakangan, dia menambahkan bahwa proposal tersebut memiliki “sebuah klausa yang menjamin” perlindungan bagi orang-orang yang memiliki kondisi medis yang sudah ada (pre-existing medical conditions). Gedung Putih belum menjawab permintaan untuk menjelaskan maksud presiden tersebut.

Komentar-komentar Trump menunjukkan gejolak di pihak Republikan dalam upaya menepati janji-janji yang bertentangan yaitu menurunkan harga premi tetapi tetap mempertahankan beberapa persyaratan perlindungan seperti kondisi medis yang sudah ada ini. Trump dan mayoritas Republikan di kongres sering berjanji bahwa undang-undang mereka yang akan menggantikan Affordable Care Act, atau Obamacare, akan tetap memiliki ketentuan yang melindungi orang-orang yang memiliki pre-existing condition.

Namun, karena Republikan di DPR kesulitan mendapatkan suara untuk undang-undang yang akan mencabut dan mengganti Obamacare, Ryan setuju untuk mendukung amandemen yang juga didukung oleh segolongan orang-orang konservatif yang akan membolehkan state untuk tidak ikut serta memenuhi kewajiban-kewajiban perlindungan ini. Amandemen ini dinegosiasikan oleh ketua-ketua House Freedom Caucus (kaukus yang paling konservatif) dan Tuesday Group (kaukus yang paling moderat) di dalam partai Republikan. Amandemen ini mendapat dukungan nyaris sepenuhnya dari Freedom Caucus. Namun, banyak anggota Tuesday Group dan kelompok-kelompok lain di partai Republik khawatir bahwa hal ini sudah terlalu jauh dan bertentangan dengan janji-janji saat kampanye. Banyak anggota partai Republik di DPR Amerika yang terang-terangan menentang proposal itu ataupun tidak menunjukkan dukungan.

Misalnya, Representative Ryan Costello, Pa., memberi suara untuk undang-undang kesehatan asli Partai Republik di Komite Energi dan Niaga pada pertengahan Maret tapi minggu lalu mengumumkan ketidaksetujuannya dengan rancangan undang-undang itu karena amandemen baru tersebut. Distrik asal Costello di barat Philadelphia adalah satu dari 23 distrik yang dipegang oleh Republikan di DPR yang tidak dimenangkan Trump tahun lalu.

Demokrat telah menyatakan bahwa proposal terkini itu tidak memberi cukup subsidi untuk high-risk pools sehingga tidak bisa menjamin bahwa orang-orang yang memiliki pre-existing condition tidak dihadapkan dengan premi-premi yang melambung tinggi harganya.

Dalam acara “Meet the Press” yang disiarkan NBC, Wakil Presiden Mike Pence memuji proposal itu dan menunjuk penggunaan high-risk pools di negara bagian Maine dekade lalu untuk melindungi orang-orang yang paling rentan dalam hal kesehatan. Dua senator Maine, yaitu Susan Collins dari partai Republik dan Angus King dari partai independen yang berkaukus dengan Demokrat, tampil dalam acara tersebut setelah Pence. Mereka mengatakan bahwa high-risk pool di state mereka didanai dengan baik melalui penilaian terhadap tiap-tiap rencana asuransi kesehatan di state itu. Saat digantikan oleh Affordable Care Act, high-risk pool tersebut memiliki surplus 5 juta dollar.