Kapal Perang Navy USS Benfold  milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) merapat di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali sejak Kamis (12/07.

Kapal yang panjangnya 54 meter dengan bobot sekitar 8900 ton ini sejatinya adalah kapal perusak. Kapal yang beroperasi sejak 1996 ini dilengkapi persenjataan canggih seperti rudal anti pesawat, rudal anti kapal selam, dan rudal anti kapal perang. Kedatangan kapal yang berangkat langsung dari San Diego, Amerika ini bukan untuk berperang, namun hanya kunjungan ke kawasan Asia Tenggara dan akan singgah di Bali selama 4 hari.

“Keberadaan kami di Indonesia hanya di Bali saja. Kami tidak pergi ke wilayah lain di Indonesia,” ujar Kapten Kapal Adrian Jansen di sela-sela kunjungannya. Selain mengunjungi sejumlah kawasan wisata di Bali dan menemui beberapa pejabat setempat, personel kapal Perang Navy USS BENFOLD yang berjumlah 280 orang ini akan melakukan latihan bersama pasukan TNI-AL.

“Materi latihan bersama tersebut mencakup manuver taktis, sistem komunikasi serta prosedur penyelamatan lainnya,” jelas Danlanal Denpasar I Wayan Suarjaya. TNI-AL akan menyertakan KRI Hasan Basri dan KRI Uling dalam latihan ini. Suarjaya berharap latihan ini akan memberi pengalaman berharga serta meningkatkan keahlian dan profesionalisme pasukan TNI-AL.