Pernahkah membayangkan manusia dapat hidup di planet Mars. Bagaimana mungkin? menjadi hal pertama yang terlintas dalam pikian. Selanjutnya, bukankah manusia yang hidup di planet Mars hanya ada di film-film fiksi? Bagaimana caranya bertahan hidup, tempat tinggalnya akan seperti apa? Sekelumit pertanyaan pun terlontar.

Memang belum hari ini. Bagi seorang visioner seperti Vera Mulyani, manusia dapat hidup di Planet Mars bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Vera percaya manusia dapat hidup di Mars. Namun tidak cukup hanya melakukan perjalanan ke Mars dan bertahan hidup. Harus ada cara yang dikembangkan agar manusia dapat hidup berkembang secara berkelanjutan di Mars.

Mars City Design didirikannya sebagai bentuk platform kolaboratif yang dibuat untuk mengeksplorasi konsep kelayakan huni dan keberlanjutan di Mars. Vera mengartikulasikan bahwa misi platform akan diwujudkan dengan menciptakan struktur dan teknologi pendukung yang akan menghasilkan kota yang layak di lingkungan ekstrim Mars. KABARI beberapa waktu lalu berkesempatan berbincang dengan Vera Mulyani membahas mengenai Mars City Design.

Apa yang membuat Anda mendirikan Mars City Design (MCD)?

MCD didirikan karena kurangnya keragaman dan akses bagi orang-orang dengan latar belakang artistik dan multidisiplin dalam industri luar angkasa. Motivasinya berasal dari keyakinan bahwa arsitek dan insinyur, serta seniman, dapat saling menginspirasi untuk merancang bersama masa depan yang mendukung orang untuk berkembang, terhubung, dan hidup nyaman di luar langkah-langkah keamanan, untuk berkembang tidak hanya untuk bertahan hidup di Bumi atau di luar (di Mars).

Sejauh ini, proyek apa yang telah dilakukan oleh Mars City Design dalam mendukung kehidupan di planet Mars?

MCD telah berfokus pada tiga sektor berbeda. Sektor perrtama adalah habitat design, inisiatif pertama di dunia (yang kini diikuti banyak perusahaan) yang menggambarkan arsitektur yang dirancang khusus untuk lingkungan ekstrim Mars namun dengan pertimbangan visi artistik dan utopis.

Saya menyebut gerakan itu “Marschitecture”, yang diciptakan untuk membayangkan generasi kedua atau ketiga orang yang tiba di Mars di masa depan. Prototipe desainnya yang dapat diterapkan saat ini dalam kehidupan kita sehari-hari sedang dalam proses untuk dibangun, untuk mendemonstrasikan sistem pertanian dalam ruangan, cara menanam makanan di lingkungan yang terkendali.

Kedua adalah kesehatan regeneratif, produk pertama di dunia yang dibuat bekerja sama dengan laboratorium biotek Jepang untuk merombak mikrobioma usus astronot, yang disebut Astrobiome®. Super-postbiotik ini akan membantu astronot menjadi lebih kuat dan berkinerja lebih baik selama misi penerbangan diperpanjang mereka, karena dapat membuat tindakan balasan untuk sebagian besar masalah kesehatan umum yang disebabkan oleh radiasi ruang angkasa dan paparan gaya berat mikro yang diperpanjang. Produk ini tersedia untuk kita hari ini untuk meningkatkan sistem kekebalan kita dan menghilangkan semua masalah kesehatan terkait, seperti peradangan, kelebihan berat badan, osteoporosis, diabetes.

Selanjutnya soal energi bersih saat ini kami sedang membuat program penelitian dan pengembangan untuk produksi energi bersih seperti menciptakan listrik dari tenaga angin dalam unit kecil serta produksi hydrogen.

Bagaimana dengan program yang ditawarkan oleh Mars City Design?

Mars City Design membuat acara budaya seperti pameran desain pilihan. Sebelumnya dipamerkan di NASA Johnson Space Center di Houston pada 2019. Kami selalu mencari mitra dan sponsor untuk semua upaya dan program kami.

Mengapa Mars? Tidak ada planet lain yang menjadi perhatian?

Ini adalah penjelasan yang panjang tetapi sebagian besar karena planet lain terlalu jauh, dan tidak kondusif untuk kehidupan manusia. Mars adalah planet terdekat dengan kemungkinan sumber daya air dan kemungkinan produksi energi.

Apa yang membuat Anda tertarik dengan luar angkasa dan kehidupan di luar angkasa?

Sungguh menakjubkan bagi saya bahwa Elon Musk berpikiran sama, harus ada sesuatu yang menarik untuk dipikirkan ketika kita bangun di pagi hari, sesuatu yang penuh harapan yang layak untuk dijalani. Bagi saya itu adalah membayangkan masa depan secara kreatif. Saya percaya itu wajar bagi manusia untuk berevolusi dan mencapai yang tidak diketahui. Jika kita hanya hidup seperti yang sudah kita ketahui, kita hanya menghibur kemalasan dan ketika kita berhenti berkembang, kita berpindah dan mundur.

Planet Mars dipelajari, diteliti dan dieksplorasi informasinya. Pertanyaan sederhana, Apakah menurut Anda manusia benar-benar bisa hidup di planet Mars?

Mungkin belum hari ini karena teknologi sedang mengejar, tetapi segera. Kita membutuhkan lebih banyak pendidikan dan ilmu pengetahuan, lebih banyak pikiran kreatif dan jenius untuk bersatu dan bergabung agar ini terjadi.

Tetapi yang paling penting adalah perjalanan untuk sampai ke sana karena ini secara alami akan menciptakan kemajuan bagi umat manusia dan membuat kita tetap fokus pada masa depan dan inisiatif kolaborasi daripada mempraktikkan kelangkaan, keserakahan dan kesengsaraan, saling bertarung antar negara. Inisiatif luar angkasa, Bulan, Mars sangat menantang sehingga hanya rasa saling menghormati dan persatuan yang akan membawa manusia ke tingkat kesadaran kolektif berikutnya dan manifestasi masa depan yang positif.

Konsep kehidupan, termasuk ekosistem/lingkungan/tempat tinggal seperti apa yang cocok bagi manusia untuk bertahan hidup di sana, tumbuh dan berkembang di sana?

Untuk hidup, manusia membutuhkan lingkungan yang mirip dengan Bumi. Tetapi perubahan iklim di Bumi mengubah lingkungan kita lebih dekat ke Mars. Jadi mungkin sekarang kita akan belajar tentang Mars untuk menyelamatkan diri kita dari konsekuensi ini.

Oleh karena itu kita harus memahami sifat Mars. Solusi populer langsung yang diberikan sebagian besar ilmuwan dan insinyur, misalnya tabung lava bawah tanah untuk membangun koloni yang menghindari radiasi dan dampak meteorit jauh dari apa yang dibutuhkan manusia untuk bertahan. Di luar aspek keamanan kita perlu mempertimbangkan kesejahteraan fisik dan psikologis. Sebagian besar upaya kami di Mars City Design terletak pada penentuan aspek-aspek ini, mengintegrasikannya ke dalam desain arsitektur misi.

Apakah merupakan tantangan untuk mengkonseptualisasikan kehidupan di Mars karena jelas bahwa Mars sangat berbeda dari Bumi?

Yang paling menantang adalah memahami bahwa kita tidak bisa mendesain konfigurasi yang sama seperti Bumi, seperti halnya rumah di Antartika tidak akan sama dengan di Jakarta atau Dubai. Bagaimana kita hidup di 1/3 gravitasi dan paparan radiasi yang lama, lebih sedikit sinar matahari dan angin, makanan terbatas dan -200celcius? Kami mencoba menemukan jawabannya tetapi tidak dengan cara para insinyur memecahkan masalah, lebih seperti bagaimana arsitek memulai dengan membayangkan hasil yang ingin kami lihat terlebih dahulu dan merancang perencanaan.

Apakah ada rencana masa depan dari Mars City Design?

Ya, kami sedang mengejar untuk membangun semua prototipe dari Pertanyaan #1 di atas. Kami mencari mitra dan sponsor untuk mewujudkan proyek. Saya akan berbicara di Utopian Hours di Turin pada Oktober ini.