Verra Victoria adalah salah satu anggota dari komunitas pegiat budaya yang dikenal dengan nama Kridha Dhari.

Dalam agenda kegiatan komunitas ini, Kridha Dhari siap menggelar acara Fashion Show yang bertajuk “Kridha Dhari Charity Fashion Show dan Flores Coffe Sale” yang akan berlangsung pada tanggal 23 Agustus 2019 di J.W Mariot, Jakarta.

Kegiatan yang dikemas untuk mempromosikan budaya Indonesia ini mengangkat salah satu daerah di tanah air yakni, Indonesia Timur.

Verra pun mendapat kesempatan untuk mengenalkan produk budaya dalam bidang kuliner, yakni kopi. Produk kopi yang akan dipromosikan nanti adalah kopi Bajawa dan Manggarai khas Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kita satu tema yaitu melestarikan budaya yang mana budaya ini dari sisi kulinari yaitu kopi dari Indoneisa Timur, “ ungkap Verra saat ditemu Kabari di bilangan Jakarta Selatan.

Konsep mempromosikan budaya minum kopi dalam kegiatan tersebut, vera akan melakukan pelelangan kopi, dimana para konsumen bisa mendapatkan cita rasa kopi yang akan diperagakan melalui barista untuk mencicipi kopi dari Flores, NTT.

“Dimana dengan pelelangan kopi yang memang harganya diatas harga komersil dan memang nanti ada houseblend campuran yang khusus untuk acara ini, sehingga peserta lelangnya akan mendapatkan cita rasa ciri khas kopi yang berbeda dari daerah Indonesia Timur, “ katanya.

Diketahui, kopi Flores ini sudah ekspor ke luar negeri, khusunya Amerika Serikat pada tahun 2017/2018. Dalam perkembangan bisnis pulau coffe ini sudah ekspor ke negeri Belanda.

“Pulau coffe mengirimkan kopi Flores ke Belanda, untuk harga kisaran 95 ribu per 100 gram.” Katan Verra.

Mengangkat daerah Flores, NTT dalam acara ini, menurut Verra, perekonomian di daerah Indonesia Timur ini masih sangat minim dan hasil kopi di daerah tersebut cukup bagus. Hal ini membuat verra semangat untuk mempromosikan biji kopi pilihan dari Flores, NTT.

Sejauh ini pulau coffe selalu mendukung setiap kegiatan yang berhubungan dengan budaya Indonesia.

Makna budaya sendiri menurut Verra merupakan suatu ciri khas atau identitas suatu negara dimana masyarakatnya sudah sangat melekat karena edukasi yang turun temurun.

“Seperti kopi yang dikenal dari Indonesia adalah kopi tubruk, dimana olahan kopi tubruk itu adalah kopi yang dihancurkankan secara tradisional karena menggunakn giling, kemudian diseduh ke dalam gelas dan kita minum bersama-ama dengan kelauarga. Itulah ciri khas budaya kuliner tanah air.” Katanya.

Untuk kopi dari Flores ini memiliki keistimewaan yakni, tingkat keasaman seimbang, terasa lebih manis dan aromanya seperti caramel serta gula arennya berasa.

Dalam kegiatan yang diselnggarakan oleh sejumlah pegiat budaya ini, verra berharap bisa lebih meningkat lagi dalam memperkenalkan budaya nusantara hingga ke mancanegara.