Verra Victoria dan kopi sepertinya tidak bisa dilepaskan satu sama lain. CEO dari Pulau Coffee ini bisa dibilang sosok yang konsisten dalam berbisnis komoditas perkebunan unggulan Indonesia yang memiliki nilai ekspor tinggi.

Perkembangan usaha kopinya semakin berkembang, bahkan sekarang Verra sudah masuk ke sebuah ekspansi yaitu ekspor kopi Indonesia ke beberapa negara. Hal ini dilakukannya pada tahun 2023 dan di akhir tahun 2022, Verra melalui PT Bima Tikhe Berkat mengeksport  biji Kopi Robusta asal Temanggung ke Eropa sebanyak 90 ton dalam 4 kontainer.

“Di tahun 2022 kemarin kami melakukan  ekspor ke negara Eropa, kemudian kami juga melakukan ekspor kembali di awal tahun 2023 ke negara Mesir, dan InsyaAllah di tahun 2023   di bulan Maret / April nanti ketika masa panen, kami akan ada beberapa kontrak 1 tahun dengan beberapa negara,  kemudian ada dari negara Timur Tengah  dan mudah – mudahan ke Eropa,” kata Verra Victoria kepada KABARI.

Kopi Indonesia yang diekspor bukanlah kopi sembarangan. Mutu dan kualitas adalah nomor satu. Verra sadar akan hal ini dan tetap menjaga sebaik mungkin. Plus edukasi yang artinya dari mulai petani kemudian  ekspor harus memberikan berkesinambungan secara profitable untuk masing- masing pihak.

Nah, biji kopi yang dieskpor se memiliki kualitas Grade yang berbeda – beda seperti Grade yang 1 ke negeara – negara Eropa, Asia, lalu kemudian Grade 2 dan 3 untuk negara – negara di Timur Tengah.

“Kita akan terus melakukan  ekspor ke negara -negara yang belum pernah kami lakukan ekspor, kami ingin kopi – kopi Indonesia bisa dinikmati dari setiap negara yang ada di dunia ini sehingga mereka mengenal kopi Indonesia adalah salah satu kopi terbaik di dunia,” tukasnya.

Artikel ini dapat dilihat di Majalah Digital Kabari Edisi 186

Simak Wawancara Kabari dengan Verra Victoria disini.