Indonesia dikenal dengan beragam kesenian dan kebudayaan serta kerajinan tangannya. Produk kerajinan Indonesia dari mulai tas, sepatu, bahkan pernak – pernik hiasan rumah dan lain sebagainya merupakan hasil tangan – tangan kreatif anak negeri yang juga banyak diminati oleh masyarakat dunia.

Seperti halnya Lisa Mamola, masyarakat Indonesia yang tinggal di Amerika mengenalkan produk kerajinan Nusantara melalui usaha yang dirintisnya yakni menjual produk kerajinan tas kulit.

Mengawali karirnya di Negeri Paman Sam, ia berkisah, ”Pada tahun 1988 setelah lulus sekolah SMA saya hijrah ke Amerika, pertama kali saya ke Los Angeles untuk melanjutkan studi, jadi saya masuk sekolah di Los Angeles dua tahun,” kenang Lisa.

Seiring perjalanan waktu, setelah lulus kuliah lisa bekerja sebagai akunting selama 13 tahun. Selain itu, karena kecintaannya terhadap Indonesia ia pun memiliki keinginan untuk membuka usaha dengan menjual produk kerajinan tanah air seperti tas kulit.

“Saya selalu berpikir karena saya cinta Indonesia, walaupun saya tinggal di sini selama 30 tahun. Saya selalu mikir pengen banget memperkenalkan barang Indonesia di Amerika, dan saya berpikir apa yang unik dari Indonesia, sebenarnya banyak, tapi apa yang saya bisa pasarkan di sini yang belum ada,” kata Lisa.

Ia menambahkan, “Waktu itu kebetulan saya ke Bali, ke Thailand, saya berpikir di Amerika ini jarang sekali jenis tas yang terbuat dari kulit ular, dan itu jarang, kecuali barang-barang yang bermerek , dan itu mahal sekali,” imbuhnya.

Indo Exotic adalah nama usaha Lisa di AS yang didirikan pada tahun 2015. Lisa membuka bisnis tersebut sekaligus untuk memperkenalkan produk kerajinan Indonesia yakni tas kulit yang terbuat dari kulit ular yang bahan bakunya dibeli dan diproduksi di Indonesia.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :