Chef Widjiono (Yono) Purnomo (63), seorang koki asal Indonesia yang memiliki restoran bertema fine dining, Yono’s Fine Dining, di Albany, New York, AS.

Setelah malang melintang di dunia kuliner, diaspora Indonesia yang memulai karirnya sejak tahun 80-an ini berbagi kisah awal perjuangannya mendirikan restoran nusantara di Negeri Paman Sam.

Sejak kecil, Yono sudah memiliki mimpi untuk hidup di AS, setelah lulus SMA dia memutuskan untuk mengambil studi perhotelan di Akademi Perhotelan Negara (APN/NHI) Bandung.

Sejak tamat dari APN, Yono mendapat kesempatan bekerja di kapal pesiar Holland Amerika Cruise Line.
“Setelah saya tamat waktu itu ada kerjasama dengan Holland Amerika Cruise Line, Selama bekerja saya mengenal calon istri. Kemudian tahun 1977 menikah, dan pada tahun 1978 menetap di New York, dari situ mulai perjuangan hidup di AS,” kenang Chef Yono.

Matang dengan pengalamannya di dunia kuliner, pada tahun 1980 dia mengawali bisnis restoran dan dengan seiring perjalanan waktu, pada tahun 1996 bisnis kuliner yang ia rintis pun cukup populer di AS yang dikenal dengan Yono’s Restoran dan sudah berdiri hingga 40 tahun.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :