Sejak pandemi Covid-19 melanda tanah air pada awal maret 2020, banyak sektor terkena dampak, Pemerintah mulai menerbitkan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) akibatnya banyak pelaku usaha mikro dan makro menutup usahanya sehingga banyak karyawan yang terkena PHK (Putus Hubungan Kerja).

Dino Patti Djalal mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat periode 2010 hingga 2013 turut prihatin dengan kondisi di tanah air akibat pandemi Covid-19.

Dino mengatakan, akibat pandemi banyak orang dirumahkan, “Sekarang ini bangsa kita dalam kondisi yang sangat prihatin, pengangguran sangat tinggi sekarang sekitar tiga juta orang yang dirumahkan atau kena PHK akibat pandemi ini,” ujar Dino kepada Kabari melalui wawancara Zoom.

Lebih jauh ia menambahkan, “Ini suatu kondisi sosial yang sangat memprihatinkan dan mereka adalah orang – orang yang bekerja dengan upah minimum, dan mereka ga punya tabungan dan tinggal di tempat yang sepi dengan keluarganya dan mereka sudah banyak yang putus asa,” imbuhnya turut prihatin.

Melihat kondisi seperti ini, Dino membentuk program peduli yang diberi nama Diaspora Peduli, “Program ini merancang skema dimana keluarga diaspora membantu keluarga yang terkena PHK secara langsung,” katanya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :