Ilmuwan Indonesia Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, PhD kembali menorehkan prestasi gemilang. Setelah menduduki posisi sebagai Director of Members-at-Large di International Association of Medical Regulatory Authorities (IAMRA), dr. Taruna Ikrar, menerima penghargaan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) AWARD Bidang Inovasi Teknologi Kesehatan.

Penghargaan tersebut diterimanya dalam Muktamar VII ICMI Tahun 2021 dan MILAD ke-31 ICMI bertema “Membangun Indonesia Bermartabat, Menuju Indonesia Emas 2045” yang digelar di Hotel Grand Asrilia Bandung, awal bulan ini.

dr. Taruna menerima penghargaan tersebut berkat pengaruh dan manfaat penelitiannya terhadap kemajuan ilmu, teknologi, ekonomi, sosial, masyarakat, baik secara nasional maupun internasional.

dr. Taruna  seperti diketahui telah melakukan penelitian kedokteran selama lebih dari 20 tahun, dan menghasilkan karya ilmiah kedokteran yang dipublikasikan di jurnal bereputasi International seperti Nature Journal, New England Journal of Medicine, Physiology Journal, Neuron Journal, Circulation Journal, Molecular Therapy, Frontier Journal dan lainnya.

dr. Taruna Ikrar yang menerima penghargaan tersebut, juga melihat pentingnya keberadaan ICMI.

dr. Taruna menyoroti tentang bagaimana pengaruh umat Islam pada kehidupan berbangsa, kaitannya dalam kiprah ICMI sejauh ini.

“Pendidikan berbangsa dan bernegara yang diterima kaum santri di luar dan di dalam kampus telah mematangkan mereka bukan saja secara mental, tetapi juga secara intelektual,” katanya.

Dia pun mengatakan, dari mereka itulah lahir critical mass yang responsif terhadap dinamika dan proses pembangunan yang sedang dijalankan dan juga telah memperkuat tradisi intelektual melalui pergumulan ide dan gagasan yang diekspresikan baik melalui forum seminar maupun tulisan di media cetak dan buku-buku.

“Seiring dengan itu juga terjadi perkembangan dan perubahan iklim politik yang semakin kondusif bagi tumbuhnya saling pengertian antara umat Islam dengan komponen bangsa lainnya, termasuk yang berada di dalam birokrasi,” jelasnya.

Selengkapnya Klik Video Berikut Ini :